Peran Pengasuh Dalam Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Wisma Dewandaru Kota Malang

  • Lorentius Goa
Keywords: Peran pengasuh, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Peran pengasuh  merupakan keikutsertaan, keaktifan, dan keterlibatan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban untuk merawat, menjaga, membimbing dan mendidik  anak berkebutuhan khusus. Namun  pada kenyataan para pengasuh tidak menjalankan perannya layaknya seorang pengasuh, pengasuh belum menjalankan semua perannya dengan baik,  sehingga perkembangan kemampuan anak  ada yang sudah mengalami perkembangan kemampuan dan ada yang masih belum mengalami perkembangan kemampuan baik motorik maupun sensorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pengasuh dan faktor pendukung serta penghambat dalam melayani anak berkebutuhan khusus di Wisma Dewandaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan menggunakan instrumen pedoman observasi dan wawancara terarah. Kegiatan penelitian dilakukan di Wisma Dewandaru Kota Malang. Hasil penelitian berdasarkan instrumen yang dibuat, dan peneliti memperoleh hasilnya melalui wawancara dan observasi melalui informan  yaitu  para pengasuh di Wisma Dewandaru Kota Malang. Dari hasil yang diperoleh mengenai peran pengasuh dapat dikatakan tidak  sepenuhnya bisa mereka jalankan. Faktor pendukung adalah terpenuhnya sarana dan prasarana, program latihan/master, sedangkan faktor penghambat 1) kurang adanya kerjasama antara pengasuh untuk menjalankan kegiatan keseharian anak  dan kegiatan  latihan master/program anak; 2) pengasuh kesulitan dalam melatih anak berkebutuhan khusus yang memiliki hambatan yang berat; 3) kurangnya kreatifitas dari pengasuh dalam mengajar dan membimbing anak berkebutuhan khsusus dengan hambatan yang berbeda-beda; 4) kurangnya rasa tanggungjawab dari pengasuh dalam melaksanakan tugasnya.

Published
2020-05-31
Section
Artikel