KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DENGAN KEBERHASILAN SISWA SEKOLAH DASAR DI MALANG

  • Yohanes Sukendar
Keywords: Kompetensi, Pegagogi, Guru, Pendidikan Agama Katolik

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan apakah ada korelasi antara kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) dengan keberhasilan siswa dalam memperoleh nilai untuk rapor dan kehidupan siswa. Hanya saja dalam penelitian ini tidak semua komptensi guru diukur. Dari empat komptensi yang seharusnya dimiliki oleh guru, yang mau diteliti dalam penellitian ini adalah komptensi pedagogi. Komptensi pedagogi adalah kemampuan guru pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimiliki. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat dari Petunjuk Umum Katekese bahwa proses pembelajaran bidang studi PAK yang paling menentukan adalah peranan Guru. Maka jika kemampuan guru dalam bidang pedagogi sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam hasl nilai dan kehidupan rohaninya sebagai anak Katolik. Metodologi yang dgunakan adalah kuesioner dan nilai raport. Subyek penelitian adalah semua Guru PAK SD di Malang dan murid-murid. Khusus untuk murid- murid dibatasi kelas 4 sampai 6 dan diambil antara 3 sampai 6 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa korelasi komptensi pedagogi Guru Agama Katolik dengan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAK, diperoleh hasil 0,237, artinya ada korelasi antara komptensi Guru Agama Katolik dengan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Semakin tinggi hidup rohani dan kemampuan pedagogi Guru Agama Katolik semakin tinggi pula partisipasi siswa dalam pembelajaran.

Author Biography

Yohanes Sukendar

Penulis adalah Dosen Prodi PKK-STP IPI Malang

Published
2018-05-01
Section
Articles