PELAYANAN PASTORAL BAGI SESAMA YANG MEMBUTUHKAN

  • Loren Goa
Keywords: Pelayanan Pastoral, Penggembalaan, Karitatif

Abstract

Tulisan ini penulis mencoba menganalisa tentang arti pelayanan secara umum menurut para ahli, pelayanan umum, dan pelayanan kristiani karitatif. Banyak orang keliru dalam memandang setiap tugas pelayanan yang dilakukan. Ada yang menganggapnya begitu sepele sehingga tidak pernah serius melaksanakannya. Pelayanan dianggap sebagai pekerjaan sambilan atau sekedar mengisi waktu luang. Ada pula yang melakukan suatu pelayanan karena didorong oleh motivasi tertentu. Motivasi bisa dilihat dari dua segi yakni pertama dari Allah sendiri yakni karena Allah sendiri telah lebih dahulu mengasihi dan memanggil kita sehingga kita bisa membagikan kepada sesama melalui pelayanan kita. Kedua motivasi dari sudut manusia supaya kita bisa mengasihi dan melayani Allah.
Pelayanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekumpulan orang untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Dengan demikian pelayanan pastoral perlu diperhatikan karena melalui pelayanan pastoral ini berarti memenuhi kebutuhan orang lain atau sesama. Maslow menguraikan bagaimana kebutuhan-kebutuhan manusia yang harus dipenuhi yang disebut dengan hirarki kebutuhan yakni mulai kebutuhan yang paling mendasar sampai kebutuhan yang paling tinggi.
Pelayanan pastoral seharusnya dilaksanakan dalam konteks Kerajaan Allah. Artinya setiap pelayanan pastoral diletakan dalam kerangka karya Allah yang sedang memberlakukan kerajaan-Nya di dunia ini. Yesus memberikan gagasan utama tentang Kerajaan Allah kepada para pengikut-Nya melalui perumpamaan. Kisah-kisah-Nya mengungkapkan bahwa Allah adalah kasih, yang berbela rasa, murah hati dan pengampun. Allah memperhatikan orang miskin, pendosa, yang sakit dan tersingkir. Allah seumpama seorang gembala yang meninggalkan sembilan puluh sembilan ekor domba di padang dan mencari satu domba yang hilang (Luk. 15: 3-6). Dengan demikian pelayanan pastoral mempunyai fungsi menyembuhkan, menopang, membimbing, memperbaiki hubungan, dan mengasuh/memelihara.

Author Biography

Loren Goa

Penulis Ketua Prodi Pelayanan Pastoral.

Published
2018-05-01
Section
Articles