PELAKSANAAN KELOMPOK KECIL EVANGELISASI OLEH ALMA DAN MAHASISWA PRODI PELAYANAN PASTORAL STP IPI DI PAROKI KOTA MALANG

  • Bernadeta Sri Jumilah
Keywords: Pelaksanaan, Kelompok Kecil Evangelisasi

Abstract

Pembentukan kelompok kecil bukanlah hal baru. Tuhan Yesus telah memberikan teladan kepada Gereja yang diawali dengan panggilan dan perutusan-Nya kepada para murid-Nya.  

Panggilan dan perutusan Yesus tidak berhenti untuk para murid Yesus saja tetapi juga ditujukan kepada umat beriman Kristiani di zaman sekarang dan yang akan datang untuk pergi dan menjadikan semua bangsa menjadi murid Yesus baik secara individu maupun kelompok. Para pengikut Yesus Kristus berkumpul bersama dalam kelompok kecil untuk mendengarkan sabda, berdoa, bersahabat, berbagi dan menjangkau masyarakat. Kisah Para Rasul mencatat dampak dan dinamika kelompok-kelompok kecil ini dan pengalaman mereka sekitar Kristus.  

Melalui penelitian ini yang ingin diketahui adalah Sejauh mana pelaksanaan Kelompok Kecil Evangelisasi oleh ALMA dan Mahasiswa Prodi Pelayanan Pastoral STP IPI Malang? Sebagai tolak ukur dari pelaksanaan Kelompok Kecil Evangelisasi, dalam penelitian ini ditentukan variabel serta sub variabel prediktor. Jika variabel-variabel serta sub variabel-sub variabel prediktor ini terbukti terlaksana dengan baik melalui kegiatan-kegiatan (item-item) Kelompok Kecil Evangelisasi, maka dapatlah disimpulkan bahwa Kelompok Kecil Evangelisasi dilaksanakan di paroki kota Malang dengan baik. 

Penelitian ini dilaksanakan di paroki kota Malang. Dari 8 paroki ada 50 Kelompok Kecil Evangelisasi yang dilaksanakan oleh ALMA dan Mahasiswa Prodi Pelayanan Pastoral STP IPI yang diambil sebagai populasi penelitian.  

Dari 50 responden dan 40 item yang diperoleh data rata-rata responden yang menjawab "a" 18,07 (36,13%), "b" 23,82 (47,65%), "c" 6,46 (12,92%), "d" 1,65 (3,30%).

Hasil penelitian yang diukur dengan F Persen berbanding lurus dengan Analisa Chi Kuadrat yang terbukti signifikan dan menolak hipotesa nol, yang kemudian menerima hipotesa alternatif 1 yang menyatakan ALMA dan Mahasiswa Prodi Pelayanan Pastoral STP IPI Malang di Paroki Kota Malang telah melaksanakan Kelompok Kecil Evangelisasi dengan baik. Bobot atau kualitas pelaksanaan Kelompok Kecil Evangelisasi adalah sebesar 83.78%, dengan tendensi (fo) pada kategori (b) yang berarti Kelompok Kecil Evangelisasi terlaksana secara baik.

Published
2018-11-01
Section
Articles