Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PANDUAN UNTUK PENULIS

Siapa dapat mengirim artikel?

Siapapun dapat mengirimkan artikel asli untuk dipertimbangkan dalam penerbitan Jurnal SAPA. Regulasi dari pengelola jurnal, setiap penulis dan atau kelompok penulis dibatasi hanya 1 artikel dalam setiap nomor penerbitan.

Apa yang menjadi tanggung jawab penulis?

  • Penulis menyusun artikel berupa hasil penelitian, hasil inovasi, wawasan teoretis dan /atau praktis yang merujuk pada literatur dan diskusi terkini yang relevan sesuai scope jurnal. Naskah yang dikirimkan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  • Setelah mengunggah artikel, konfirmasi otomatis akan dikirim ke penulis yang bertanggung sebagai koresponden melalui email registrasi. Pada artikel yang telah dikirim, nama dan urutan penulis tidak dapat diubah.
  • Setelah konfirmasi otomatis diterima oleh penulis, dewan editor akan melakukan pemeriksaan awal (preliminary review). Dalam kurun waktu dua minggu akan diberitahukan melalui sistem, apakah artikel akan dilanjutkan ke tahap peninjauan (review) atau ditolak. Alasan penolakan pada tahap ini berkaitan dengan scope dan kepatuhan mendasar pada template jurnal.
  • Semua artikel harus dikirim melalui Sistem Pengiriman Jurnal SAPA dalam bentuk file word dengan ekstensi doc atau docx.
  • Artikel yang dikirimkan tidak melebihi 7.000 kata. Batasan ini mencakup keseluruhan teks: judul, penulis dan identitasnya, abstrak, kata kunci, badan artikel, gambar, tabel, referensi, dan lampiran. Jurnal SAPA tidak memaksakan batasan halaman yang absolut untuk artikel. Abstrak harus kurang dari 250 kata.
  • Penulis semestinya menyadari sejak awal, bahwa artikel akan ditujukan kepada audiens Oleh karena itu, artikel harus menampilkan karya asli yang mengakui dan menyebutkan kontribusi signifikan dari orang lain. Penulis harus mendapatkan izin jika ingin memuat atau mereproduksi gambar, tabel, atau data apa pun dari teks sumber lain.
  • Artikel yang sedang dikirimkan ke Jurnal SAPA dan masih dalam status peninjauan (review) tidak diizinkan untuk dikirimkan guna mendapat peninjauan (review) atau dipublikasi ke jurnal lain.
  • Bila artikel ditulis oleh tim penulis, harus dipastikan bahwa seluruh penulis berkontribusi nyata dalam penelitian dan/atau kajian sampai dengan dihasilkannya artikel yang siap kirim. Untuk itu, regulasi jurnal SAPA meminta untuk memberikan catatan peran masing-masin penulis setelah bagian referensi.

Bagaimana menulis artikel untuk Jurnal SAPA?

  • Daftar referensi harus disertakan dalam makalah yang diserahkan. Bila ada bantuan hibah keuangan dalam masa Penelitian, harus disebutkan pada bagian Ucapan Terima Kasih sebelum Referensi.
  • Judul harus diikuti oleh abstrak 150 sampai 250 kata dan 3 sampai 5 kata kunci. Catatan kaki harus dihindari. Semua halaman harus diberi nomor pada bagian tengah bawah halaman.
  • Gaya halaman: Artikel harus diketik dengan font 11 poin pada halaman A4, spasi antarbaris 1.15. Margin harus diatur sebagai berikut: atas, bawah, kiri, kanan masing-masing: 2,5 cm.
  • Penulisan Referensi harus mengikuti gaya American Psychological Association (APA) edisi ke-7 Silakan lihat contoh format atau template yang disediakan oleh Jurnal SAPA. Demikian juga dengan cara memasukkan tabel dan gambar beserta penamaannya dapat di lihat pada format atau template.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.