Editorial Jurnal SAPA Vol. 5 No.1

  • Tim Editor

Abstract

Jurnal SAPA edisi Mei 2020, berisi delapan artikel. Enam artikel merupakan hasil penelitian, dan dua artikel merupakan analisa pustaka.

Artikel pertama menganalisa tentang jalan hidup pelayanan pastoral. Artikel ini mencoba menggali nilai-nilai kemuridan dalam pelayanan pastoral, terutama di era “new normal”. Di tengah-tengah situasi wabah corona dan menghadapi era “New Normal,” setiap murid Kristus atau pelayan diajak untuk mencari dan mewujudkan bentuk-bentuk baru pelayanan yang menghadirkan kerajaan Allah di dunia.

Artikel yang kedua merupaan hasil penelitian tentang efektivitas training DID partisipatif terhadap pemahaman konsep inklusif disabilitas bagi pekerja sosial Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM). Pelatihan tersebut merupakan reksa pastoral bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental dengan disain one group pre-test post-test, yang melibatkan tiga (3) trainers dan duapuluh empat (24) trainees dari Malang, Blitar, Kediri, Surabaya, Yogyakarta dan Salatiga.

Artikel ketiga membahas hasil penelitian tentang peran keluarga muda Katolik dalam membangun keharmonisan keluarga. Keluarga sebagai Gereja kecil dibina dengan serius agar tercapai kebahagiaan, seperti yang tercantum dalam tujuan perkawinan. Keharmonisan dapat terjalin apabila pasangan yang akan menikah memiliki kesiapan baik secara fisik maupun mental. Sejauh mana peranan keluarga-keluarga muda dalam membangun keharmonisan keluarga itulah yang merupakan pokok utama yang diteliti.

Artikel keempat merupakan hasil survey tentang gambaran anak-anak Katolik di Sekolah Dasar tentang pokok utama iman Kristen, yaitu Yesus. Melalui penelitian ini mau ditemukan siapakah Yesus menurut anak-anak Katolik di Sekolah Dasar dan bagaimana mereka menggambarkan sosok Yesus.

Artikel kelima membahas hasil penelitian  tentang pengaruh pastoral dasar dalam pembentukan petugas pastoral bagi alumni di Malang kota.  Melalui penelitian ini mau ditemukan apakah pembentukan sebagai petugas pastoral melalui pastoral dasar masih dilaksanakan oleh para alumni Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang.

Artikel keenam merupakan hasil penelitian mengenai peran pengasuh dalam pelayanan anak berkebutuhan khusus di wisma Dewandaru kota Malang. Melalui penelitian ini mau dicari sejauhmana peran pengaruh dalam melayani anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Artikel ketujuh menguraikan hasil penelitian tentang peran Kepala Sekolah dalam implementasi pendididikan karakter di SMAK Bhakti Luhur Malang. Sejauhmana peranan Kepala Sekolah dalam pembentukan karakter untuk anak-anak Sekolah Menengah Agama Katolik di Bhakti Luhur.

Artikel kedelapan membahas gagasan Alfred North Whitehead mengenai “Manusia dan Alam” dari perspektif Filsafat Proses. “Proses menjadi” menujukkan secara jelas bahwa hakekat manusia ditentukan oleh  bagaimana manusia menciptakan diri dalam proses menjadi dirinya. Proses menjadi dirinya ini tidak  terlepas dari alam sekitarnya. Alam turut memengaruhi proses ‘menjadi’ nya manusia.

Published
2020-05-31
Section
Kelengkapan