Strategi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Mengimplementasikan Kurikulum Kemenag 2013 Era Milenial di SMAK Bhakti Luhur Malang

  • Helena Gulo Sekolah Menengah Agama Katolik Bhakti Luhur : Jln. Terusan Dieng No.40 Malang
  • Tomas Lastari Hatmoko Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral Indonesia: Jln. Seruni No.6 Malang Jawa Timur - Indonesia
Keywords: Kurikulum 2013, Pendidikan, Strategi, Bhakti Luhur

Abstract

English:

In the context of education the strategies of teachers and education personnel refer to the ways in which educators achieve certain learning goals. The strategy of teachers and education personnel in implementing the 2013 Ministry of Religion curriculum at the Bhakti Luhur Malang Senior High School, is an effort to educate and foster students in accordance with the situation in this millennial era. The problem in this research relates to the importance of the 2013 Ministry of Religion curriculum in the world of education in the millennial era at Bhakti Luhur Malang. This research uses a qualitative research. In gaining data, researchers uses interview, observation and documentation methods. The research stages include pre-field work, fieldwork and data analysis according to Lexy J Meleong’s procedure. The results show that the 2013 Ministry of Religion curriculum in the millennial era at SMAK Bhakti Luhur Malang is very important and actual because it is able to form the character of students in the millennial era. The strategies of teachers and education personnel in implementing the 2013 Ministry of Religion curriculum include learning methods, and quality learning tools for students. Supporting factors are adequate modern facilities, good cooperation between teachers, education staff and students, while inhibiting factors for example, the ability of educators and adjustments to student learning styles.

Bahasa Indonesia:

Dalam konteks pendidikan strategi guru dan tenaga kependidikan merujuk pada cara yang dilakukan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi guru dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan kurikulum Kemenag 2013 di SMAK Bhakti Luhur Malang, merupakan usaha untuk mendidik dan membina para siswa-siswi yang sesuai dengan situasi di era milenial ini. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pentingnya kurikulum Kemenag 2013 dalam dunia pendidikan pada era milenial di SMAK Bhakti Luhur Malang. Demi memperdalam penelitian tersebut, peneliti juga mengeksplorasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam mendapatkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan dan analisis data sesuai prosedur penelitian menurut Lexy J Meleong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Kemenag 2013 di era milenial di SMAK Bhakti Luhur Malang sangat penting dan aktual karena mampu mengisi kekosongan atau kekurangan dalam rangka membentuk siswa berakhlak dan berkarakter di era milenial. Strategi guru dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasika kurikulum Kemenag 2013 di antaranya; metode pembelajaran, dan sarana pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik. Faktor pendukung adalah sarana modern yang memadai, kerjasama yang baik antar guru, tenaga kependidikan dan siswa, sedangkan faktor penghambat misalnya, kemampuan pendidik dan penyesuaian terhadap gaya belajar siswa.

Published
2021-05-27
Section
Artikel