EFEKTIFITAS PAGUYUBAN ORANG TUA DALAM PEMBERDAYAAN ANAK DISABILITAS DI MOJOREJO BLITAR

  • Lorentius Goa
Keywords: paguyuban, memberdayakan, disabilitas

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah agar orang tua penyandang disabilitas yang masuk sebagai anggota paguyuban yang ada di Mojorejo Blitar dapat memberdayakan anaknya sehingga bisa mandiri. Kemandirian anak disabilitas tergantung dari orang tua yang menjadi pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Kemandirian anak disabilitas tentu berbeda-beda, sesuai kemampuan anak tersebut. Selain itu, para orang tua dapat saling mengenal, saling berbagi pengalaman mengenai keberadaan anak disabilitas, saling mendukung, keberhasilan dan kesulitan yang mereka alami dalam mendampingi anak disabilitas sehingga orang tua memiliki semangat yang sama, yaitu menerima kehadiran anak disabilitas dan dengan ketulusan hati mencari jalan keluar bersama petugas lapangan mendampingi anak penyandang disabilitas.

Sedangkan target khusus yang dicapai dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui efektivitas paguyuban orang tua dalam memberdayakan anak disabilitas di Mojorejo Blitar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara. Wawancara ini dilakukan oleh peneliti terhadap orang tua yang tergabung dalam paguyuban, ketua paguyuban dan petugas lapangan.

Hasil penelitiannya adalah paguyuban orang tua anak disabilitas efektif dalam memberdayakan anak disabilitas. Keefektifan paguyuban tampak dalam hal: orang tua menerima kehadiran anak, orang tua memahami kedisabilitasan, orang tua membuat program bersama dengan tim ahli, orang tua melaksanakan dan mengevaluasi program.

Published
2019-11-29
Section
Articles