PANDUAN UNTUK PENULIS

Siapa dapat mengirim artikel?

Siapapun dapat mengirimkan artikel asli untuk dipertimbangkan dalam penerbitan Jurnal SAPA. Regulasi dari pengelola jurnal, setiap penulis dan atau kelompok penulis dibatasi hanya 1 artikel dalam setiap nomor penerbitan.

Apa yang menjadi tanggung jawab penulis?

  • Penulis menyusun artikel berupa hasil penelitian, hasil inovasi, wawasan teoretis dan /atau praktis yang merujuk pada literatur dan diskusi terkini yang relevan sesuai scope jurnal. Naskah yang dikirimkan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  • Setelah mengunggah artikel, konfirmasi otomatis akan dikirim ke penulis yang bertanggung sebagai koresponden melalui email registrasi. Pada artikel yang telah dikirim, nama dan urutan penulis tidak dapat diubah.
  • Setelah konfirmasi otomatis diterima oleh penulis, dewan editor akan melakukan pemeriksaan awal (preliminary review). Dalam kurun waktu dua minggu akan diberitahukan melalui sistem, apakah artikel akan dilanjutkan ke tahap peninjauan (review) atau ditolak. Alasan penolakan pada tahap ini berkaitan dengan scope dan kepatuhan mendasar pada template jurnal.
  • Semua artikel harus dikirim melalui Sistem Pengiriman Jurnal SAPA dalam bentuk file word dengan ekstensi doc atau docx.
  • Artikel yang dikirimkan tidak melebihi 7.000 kata. Batasan ini mencakup keseluruhan teks: judul, penulis dan identitasnya, abstrak, kata kunci, badan artikel, gambar, tabel, referensi, dan lampiran. Jurnal SAPA tidak memaksakan batasan halaman yang absolut untuk artikel. Abstrak harus kurang dari 250 kata.
  • Penulis semestinya menyadari sejak awal, bahwa artikel akan ditujukan kepada audiens Oleh karena itu, artikel harus menampilkan karya asli yang mengakui dan menyebutkan kontribusi signifikan dari orang lain. Penulis harus mendapatkan izin jika ingin memuat atau mereproduksi gambar, tabel, atau data apa pun dari teks sumber lain.
  • Artikel yang sedang dikirimkan ke Jurnal SAPA dan masih dalam status peninjauan (review) tidak diizinkan untuk dikirimkan guna mendapat peninjauan (review) atau dipublikasi ke jurnal lain.
  • Bila artikel ditulis oleh tim penulis, harus dipastikan bahwa seluruh penulis berkontribusi nyata dalam penelitian dan/atau kajian sampai dengan dihasilkannya artikel yang siap kirim. Untuk itu, regulasi jurnal SAPA meminta untuk memberikan catatan peran masing-masin penulis setelah bagian referensi.

Bagaimana menulis artikel untuk Jurnal SAPA?

  • Judul Artikel

    (Times New Roman 14, Capitalized Each Word, Bold)

     Nama Penulis Penanggung Jawab1 | alamat e-mail penulis (dalam institusi)

    Nama Penulis Kedua2 | alamat e-mail penulis (dalam institusi)

    (Times New Roman 11, Capitalized Each Word, Normal)

     1Nama Lembaga Afiliasi penulis pertama: Alamat lembaga afiliasi penulis pertama

    2Nama Lembaga Afiliasi penulis kedua: Alamat lembaga afiliasi penulis kedua

    1,2Nama Lembaga afiliasi penulis pertama dan kedua: Alamat lembaga afiliasi penulis pertama dan kedua bila sama

    (Times New Roman 10, Capitalized Each Word, Normal)

    Abstract

    Abstracts are written in two languages ​​(Indonesian and English), provided that the abstract is presented first in English, then in Indonesian. Abstract content must be informative and descriptive, that is: clear, concise, and thoroughly based on facts. There are four elements that are covered by a good abstract: the research problem and its scope, the methods used, the results obtained, and the conclusions of the research. Written in one paragraph, spacing between one line, font size 10, with a word count between 150 to 250 words. In it, no pictures, tables, formulas, or references, as well as abbreviations outside the scientific tradition.

    Keywords: 3-5 keywords (alphabetical order)

    Abstrak

    Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), dengan ketentuan, sajikan terlebih dahulu abstrak dalam Bahasa Inggris, kemudian dalam Bahasa Indonesia. Isi abstrak harus bersifat informatif dan deskriptif, yaitu jelas, ringkas, serta sungguh-sungguh berdasarkan fakta. Ada empat unsur yang dicakup oleh abstrak yang baik: permasalahan penelitian dan ruang lingkupnya, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, serta kesimpulan dari penelitian itu. Ditulis dalam satu paragraf, spasi antarbaris satu, ukuran font 10, dengan jumlah kata antara 150 hingga 250 kata. Di dalamnya, tidak boleh menyertakan gambar, tabel, rumus, atau referensi, serta singkatan-singkatan di luar tradisi ilmiah.

    Kata Kunci: 3-5 kata kunci (urut abjad)

    Latar Belakang (Times New Roman, 12)

    Sub judul latar belakang, ditulis dengan huruf tebal (bold), dan capitalized each word, tanpa garis bawah, posisi rata kiri (left). Pada bagian ini, dipaparkan secara ringkas mengenai sub-sub bahasan berupa permasalahan yang akan diatasi, penting atau urgentnya isu yang dibahas, serta manfaatnya bagi perkembangan keilmuan yang sesuai dengan scope jurnal. Naskah ditulis menggunakan font Times New Roman 11-point dengan spasi antarbaris sebesar 1.15. Tiap-tiap sub bahasan ditulis dalam paragraph yang terpisah. Pemisahan paragraph dilakukan dengan menekan enter sekali, dengan melakukan setting Paragraph, Add Space After Paragraph sebesar 6 point.

    Literatur Review (Times New Roman, 12)

    Uraian mengenai pokok-pokok atau teori-teori dasar yang mengacu pada variabel bahasan dan perhatikan cara melakukan sitasi. Paragraf baru dalam keseluruhan artikel dimulai 1 cm dari margin kiri, dan antar paragraf diberi spasi antara dengan cara Add Space After Paragraph sebesar 8 point, seperti pada aturan yang diuraikan sebelumnya. Literatur yang direkomendasikan tidak lebih dari 10 tahun terakhir (kecuali sumber-teori dari buku babon) meliputi buku-buku ber-ISBN, artikel jurnal yang memiliki DOI atau sekurang-kurangnya ber-ISSN, Tesis dan Disertasi yang dipublikasi oleh Perguruan Tinggi, Prosiding, atau sumber ilmiah lain yang dapat dipertanggungjawabkan. Kata-kata atau istilah asing yang digunakan, semuanya ditulis dengan huruf miring (italic). Cara dalam mengutip (citation style) wajib mengikuti standar APA (American Psychological Assosiation).

    Metode Penelitian (Times New Roman, 12)

    Subjudul “Metode Penelitian” menguraikan mengenai jenis dan rancangan penelitian, gambaran partisipan (populasi dan sampel), instrumen yang digunakan, prosedur pengumpulan dan pengolahan data, serta analisis data. Artikel hasil kajian pustaka (studi kepustakaan) bekewajiban mengikuti struktur yang ditetapkan dalam format atau template, dengan ketentuan bagian “Metode Penelitian” dapat menyesuaikan dengan rancangan penelitian yang dianutnya.  Mengenai teknik penulisan dilakukan sama dengan subjudul sebelumnya.      

    Hasil dan Pembahasan (Times New Roman, 12)

    Pada subjudul “Hasil dan Pembahasan”, ditulis dengan huruf tebal (bold), dan capitalized each word, tanpa garis bawah, posisi rata kiri (left). Diuraikan secara sistematis dan kongruen dengan proses penelitian, hingga menghasilkan temuan ilmiah. Temuan ilmiah dimaksud, dapat berupa temuan fakta-fakta, pengembangan teori, atau temuan baru. Bila dikemukakan hipotesis penelitian pada bagian subjudul sebelumnya, perlu dipaparkan “nasib hipotesis” yang telah dirumuskan, apakah diterima atau ditolak, ditunjang oleh bukti-bukti data yang memadai.

    Unsur pembahasan merupakan bagian yang sangat penting pada artikel jurnal ilmiah. Pada format atau template ini, bagian pembahasan sekaligus berfungsi sebagai “diskusi”. Pada bagian ini, peneliti melakukan “dialog teoretik”, yaitu melakukan dialog temuannya dengan teori yang digunakannya. Dengan kata lain, pembahasan yang dimaksud adalah menghubungkan atau mengaitkan hasil penelitian dengan berbagai teori yang diacu atau berbagai temuan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya pada topik yang (hampir) sama.

    Pada bagian mana pun, di dalam menyajikan tabel, keterangannya ada di atas tabel, sedangkan dalam menyajikan grafik histogram, poligon frekuensi, ogive, atau gambar, keterangannya ada di bawah gambar tersebut. Dalam satu artikel jurnal, jumlah tabel dan gambar yang boleh dimuat tidak lebih banyak dari sembilan buah.

    Contoh penyajian tabel:      

    Tabel 3.2 Sebaran Proporsi Sampel

    No.

    Nama Sekolah

    Sub-populasi

    % Proporsi Sampel

    Sampel

    1.

    SMK Negeri 1 Anumerta

    1.505

    32,80%

    164

    2.

    SMK Negeri 3 Unanian

    1.511

    32,93%

    165

    3.

    SMK Negeri 6 Unierat

    931

    20,29%

    101

    4.

    SMK Negeri 5 Inumater

    641

    13,97%

    70

     

    Total

    4.588

    100%

    500

    Contoh penyajian grafik atau gambar:

    Gambar 3.2 Pengaruh dan kontribusi variabel keterlibatan orangtua (X1), dukungan teman sebaya (X2), dan dukungan guru (X3) terhadap MGO (N1).

    Kesimpulan (Times New Roman, 12)

    Pada subjudul “Kesimpulan”, ditulis dengan huruf tebal (bold), dan capitalized each word, tanpa garis bawah, posisi rata kiri (left). Hal yang dituliskan di bagian ini adalah kesimpulan hasil penelitian, pembuktian hipotese (bila ada).  

    Ucapan Terima Kasih (Times New Roman, 12)

    Pada subjudul “Ucapan Terima Kasih”, ditulis dengan huruf tebal (bold), dan capitalized each word, tanpa garis bawah, posisi rata kiri (left). Pada bagian ini, para pihak yang tidak memenuhi syarat sebagai penulis karena kontribusinya terlalu kecil, tetapi memiliki peranan dalam membantu pelaksanaan penelitian dapat dituliskan di sini.

    Ucapan terima kasih juga dapat disampaikan kepada: lembaga atau perorangan yang memberikan dana penelitian dan atau publikasi, institusi tempat dilaksanakannya penelitian, pakar sebidang yang membantu dalam proses perbaikan naskah ilmiah.

    Daftar Referensi (Times New Roman, 12)

    Pada subjudul “Daftar Referensi”, ditulis dengan huruf tebal (bold), dan capitalized each word, tanpa garis bawah, posisi rata kiri (left). Semua kutipan di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Rujukan. Sangat disarankan untuk menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya. Namun, dapat pula dikerjakan secara manual dengan mengikuti standar APA (American Psychological Assosiation).

    Contoh Penulisan dengan Standar APA:

    Buku:

    Author, A. A. (Year of publication). Title of work: Subtitle. Place of publication: Publisher.

    Ballenger, B. (2007). The curious researcher: A guide to writing research papers. Toronto: Pearson Longman.

    Cherry, B., & Jacob, S. R. (2005). Contemporary nursing: Issues, trends, & management (3rd ed.). St. Louis, MO: Elsevier Mosby.

    Buku-buku diedit:

    Greenspan, E. L., & Rosenberg, M. (Eds.). (2009). Martin’s annual criminal code: Student edition 2010. Aurora, ON: Canada Law Book.

    Bab di dalam buku yang diedit:

    Chapter author. (publication year). Title of chapter. In editor’s name (Ed.), Title of book (chapter pages). Place of publication: Publisher.

    Young, M. E., & Wasserman, E. A. (2005). Theories of learning. In K. Lamberts, & R. L. Goldstone (Eds.), Handbook of cognition (pp. 161-182). Thousand Oaks, CA: Sage.

    Dokumen Pemerintah:

    American Psychological Association. (2005). Concise rules of APA style. Washington: Author.

    Canada Royal Commission on Aboriginal Peoples. (1995). Choosing life: Special report on suicide among Aboriginal people. Ottawa, ON: Ministry of Supply and Services Canada.

     Jurnal, majalah, surat kabar, yang diterbitkan secara periodik:

    Author, A. A. (Year). Title of article. Title of Periodical, volume(issue), page-range.

    Thorne, S. E. (2001). Complementary and alternative medicine: Critical issues of nursing practice and policy. Canadian Nurse, 97(4), 27- 30.

    Kapo, J., Morrison, L. J., & Liao, S. (2007). Palliative care for the older adult. Journal of Palliative Medicine, 10(1), 185-209.

    Medicated gum helpful to seniors. (2002, September 19). The Kitchener- Waterloo Record, pp. C2, C4.

    Sumber Website:

    Author, A. A. (Year). Title of work. Retrieved: month, day, year, from http://www.xxxxx

    Peran Penulis (Times New Roman, 12)

    Pada subjudul “Peran Penulis”, ditulis dengan huruf tebal (bold), dan capitalized each word, tanpa garis bawah, posisi rata kiri (left). Contohnya adalah sebagai berikut:

    Penulis-1: konseptualisasi, disain penelitian dan analisis hasil penelitian, dan penulisan. Penulis-2: terlibat dalam proses penelitian dan peninjauan artikel. Penulis-3: melakukan supervisi pada saat penelitian, dan ikut mengoreksi artikel. Penulis-4: revisi kritis naskah dan bagian analisa hasil penelitian.

    American Psychological Association (APA) edisi ke-7 Silakan lihat contoh format atau template yang disediakan oleh Jurnal SAPA. Demikian juga dengan cara memasukkan tabel dan gambar beserta penamaannya dapat di lihat pada format atau template.