Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19
Keywords:
covid 19, dukungan sosial, motivasi belajar, pandemi, pembelajaran daringAbstract
English:
The aim of this study was to determine the relationship between social support and student learning motivation in online learning during the Covid-19 pandemic. This study uses a quantitative approach and the sampling technique used is a non-probability sampling with thesaturated sample. The research was conducted at STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya involving 57 students who took part in online learning in the Catholic Education and Teaching Study Program. The research instrument used is a social support scale which has a reliability coefficient calculated using Cronbach's Alpha of 0.927with 39 valid items, and the learning motivation scale has a reliability coefficient of 0.929 with 36 valid items distributed through google form media. The data were analyzed using the Pearson Product Moment correlation analysis technique through the IBM SPSS version 25 program. The result of data analysis is the value of r = 0.355 with p = 0.007 (p <0.01) and it can be concluded that there found a significant relationship between social support and online learning motivation of STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangka Raya students in online learning during the Covid-19 pandemic.
Bahasa Indonesia:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosian dengan motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring di masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan sampel jenuh. Penelitian dilakunan di STIPAS Tahasak Danum Pambelum Palangkaraya dengan melibatkan 57 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring pada Program Studi Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala dukungan sosial memiliki koefisien reliabilitas dihitung menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,927 dengan 39 item valid, dan skala motivasi belajar memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,929 dengan 36 item valid yang disebarkan melalui media goole form. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment melalui program IBM SPSS 25. Hasil analisis data adalah nilai r = 0,355 dengan p = 0,007 (p<0,01), maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar daring mahasiswa STIPAS Tahsak Danum Pambelum Palangka Raya pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.