DESAIN INSTRUKSIONAL MODEL ASSURE:TAWARAN DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIK AGAMA KATOLIK

Authors

  • Fransiskus Soda Betu Sekolah Tingg Pastoral Atma Reksa Ende

DOI:

https://doi.org/10.53544/sapa.v6i2.274

Keywords:

Model ASSURE, Pendidikan Agama Katolik

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang desain pembelajaran model ASSURE dalam pengajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Dengan memakai metode penelitian kepustakaan, tulisan ini mengolah berbagai sumber sebagai referensi guna memaparkan secara memadai pemanfaatan desain pembelajaran model ASSURE dalam pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Berdasarkan telaahan kepustakaan tersebut ditemukan bahwa desain instruksional merupakan rancangan pembelajaran yang dikerjakan pendidik supaya membantu peserta didik dalam belajar. Dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama katolik dapat didesain model pembelajaran dengan mengikuti langkah-langkah: (1) menganalisis pembelajar, (2) menyatakan standar dan tujuan, (3) memilih strategi, teknologi, media, dan materi, (4) menggunakan teknologi, media, dan material, (5) mengharuskan partisipasi pembelajar, dan (6) mengevaluasi dan merevisi. Sebagai suatu tawaran, desain instruksional model ASSURE  dapat berkontribusi bagi pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Katolik.

Downloads

Published

2021-11-22

Issue

Section

Artikel