PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMA SWASTA ST. MARIA KABANJEHE

Authors

  • lbina Sipangkar Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan
  • Aser Wiro Ginting Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan
  • Mimpin Sembiring Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan
  • Abdi Guna Sitepu Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.53544/sapa.v7i1.349

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Katolik, Keterampilan Sosial Peserta Didik, kepala sekolah, Peserta Didik

Abstract

Keterampilan sosial merupakan kecakapan yang perlu dimiliki oleh setiap peserta didik karena bagian dari kecakapan hidup, keberhasilan dalam kehidupan sosialnya di sekolah maupun di masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari pergaulan peserta didik yang baik dapat menumbuhan keterampilan sosialnya. Lewat keterampilan sosial, peserta didik akan mampu berhubungan serta merespon orang lain dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peran guru Pendidikan Agama Katolik dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe dengan informan sebanyak duabelas orang yang terdiri dari: seorang Guru Pendidikan Agama Katolik, seorang kepala Sekolah dan sepuluh peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Katolik sudah dijalankan sebaik mungkin dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik, sehingga peserta didik memiliki keterampilan sosial yang baik. Peran guru Pendidikan Agama Katolik sebagai suri teladan; pengelola pembelajaran; motivator; dan pelaksana kurikulum.

Downloads

Published

2022-05-30

Issue

Section

Artikel