IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI PEDALAMAN PAPUA SELATAN

Main Article Content

Mario Gasper
Francesco Nurjanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana implementasi e-learning untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) di SMP Negeri Muting, salah satu sekolah di kawasan pedalaman Papua selatan. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan 30 informan (para siswa, guru PAK, Kepala Sekolah dan orangtua). Apa yang dirumuskan sebagai pokok permasalahan dijawab dan dikaji melalui pendekatan kualitatif, dengan analisis data secara deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa e-learning untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik tidak dapat diimplementasikan secara efektif di SMP Negeri Muting. Faktor penghambat yang paling dominan dan utama adalah ketidakstabilan jaringan baik jaringan listrik maupun internet. Faktor penghambat yang ada juga dialami dalam penerapan e-learning untuk mata pelajaran lainnya. Faktor lainnya adalah SDM guru PAK, kepemilikan gadget oleh para siswa, ekonomi orangtua dan kesulitan teknis lainnya. Realitas ini memberi ruang sekaligus mendesak guru PAK untuk menemukan metode pembelajaran yang lebih cocok di masa pandemi covid-19, sehingga hak para siswa tidak terabaikan.

Article Details

Section
Artikel