TIKTOK SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DAN RELEVAN DALAM KATEKESE SEKOLAH DI SMP SANTO MIKHAEL MERAUKE

Main Article Content

Natalia Tri Wulandari Ikanubun
Donatus Wea

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menguji aplikasi Tik Tok sebagai media alternatif dan relevan untuk katekese sekolah di SMP Santo Mikhael Merauke. Data primer diperoleh melalui wawancara yang dibagikan kepada 50 siswa. Hasil pengolahan data, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, menunjukkan bahwa bagi para siswa SMP Santo Mikhael Merauke aplikasi Tik Tok dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dan relevan untuk katekese sekolah. Temuan ini mau menjelaskan bahwa para siswa, sebagai generasi milenial, cukup terbuka terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, memanfaatkannya serta mengikuti perkembangan dari waktu ke waktu. Bagi para guru, khususnya guru Pendidikan Agama Katolik, temuan ini menjadi masukan yang sangat berguna sekaligus kemendesakan agar terampil dan kreatif menggunakan berbagai aplikasi sebagai media pembelajaran agama, secara khusus pewartaan iman (katekese), dengan Tik Tok sebagai salah satunya. Temuan ini juga menegaskan sikap Gereja katolik terhadap media digital dengan kemajuannya sebagai salah satu sarana pewartaan yang kontekstual.

Article Details

Section
Artikel