OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIS CALON GURU AGAMA KATOLIK MELALUI MICRO TEACHING

Authors

  • Emmeria Tarihoran Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang
  • Darianto Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang
  • M.E Kakok Kurniantono Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/sapa.v7i2.360

Keywords:

Calon guru agama Katolik, Kompetensi pedagogis, Kurikulum PAK, Micro Teaching

Abstract

Optimalisasi kompetensi pedagogis melalui Micro Teaching merupakan salah satu strategi dari Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang untuk mencapai profesionalitas calon guru agama Katolik. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana optimalisasi kompetensi pedagogis calon guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) yang dilakukan melalui micro teaching. Ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik Semester 5 Tahun Akademik 2020-2021 di Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang. Data diperoleh melalui observasi dalam 3 siklus. Hasilnya menunjukkan ada peningkatan kompetensi pedagogis mahasiswa calon guru PAK. Observasi ini dilakukan dengan menggunakan skala Likert: 1= Tidak Baik, 2= Kurang Baik, 3= Cukup Baik, 4=Baik, 5=Sangat Baik. Pada siklus pertama, rata-rata skor masing-masing komponen adalah Cukup Baik.  Pada siklus ke-2, rata-rata skor masing-masing komponen adalah Baik, dan siklus ke-3 menunjukkan hasil Sangat Baik. Dari observasi ini, ditemukan adanya peningkatan kompetensi pedagogis mahasiswa calon guru PAK.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Artikel