MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SABDA BAHAGIA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENERAPKAN METODE LECTIO DIVINADI SMP NEGERI 1 PARINDU KABUPATEN SANGGAU

Main Article Content

R.P. Trisetyo Suseno

Abstract

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti merupakan mata pelajaran pertama dan utama dalam sistem pelaporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh metode lectio divina terhadap keterlibatan aktif peserta didik dalam meningkatkan kemampuan memahami, menalar, dan mengaplikasikan pemahaman alkitabiahnya dengan baik; (2) ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Sabda Bahagia menggunakan metode lectio divina pada peserta didik; dan (3) mengetahui apakah penggunakan metode lectio divina dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Parindu. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 1 Parindu Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknis analisis data menggunakan teknis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh antara penerapan metode lectio divina terhadap keterlibatan aktif peserta didik dan meningkatkan kemampuan memahami, menalar, dan mengaplikasikan pemahaman alkitabiahnya dengan baik; (2) ada perubahan yang signifikan pada hasil belajar; dan (3) langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan metode Lectio Divina dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Parindu.

Article Details

Section
Artikel