MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SABDA BAHAGIA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENERAPKAN METODE LECTIO DIVINADI SMP NEGERI 1 PARINDU KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • R.P. Trisetyo Suseno SMP Negeri 1 Parindu: Jalan Merdeka Nomor 21 PUSAT DAMAI Kec. Parindu Kab. Sanggau Prov Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.53544/sapa.v7i2.361

Keywords:

Cara Membaca, Kitab Suci, Hasil belajar, Metode Lectio Divina, Sabda Bahagia

Abstract

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti merupakan mata pelajaran pertama dan utama dalam sistem pelaporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh metode lectio divina terhadap keterlibatan aktif peserta didik dalam meningkatkan kemampuan memahami, menalar, dan mengaplikasikan pemahaman alkitabiahnya dengan baik; (2) ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Sabda Bahagia menggunakan metode lectio divina pada peserta didik; dan (3) mengetahui apakah penggunakan metode lectio divina dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Parindu. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 1 Parindu Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknis analisis data menggunakan teknis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh antara penerapan metode lectio divina terhadap keterlibatan aktif peserta didik dan meningkatkan kemampuan memahami, menalar, dan mengaplikasikan pemahaman alkitabiahnya dengan baik; (2) ada perubahan yang signifikan pada hasil belajar; dan (3) langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan metode Lectio Divina dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Parindu.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Artikel