Literasi Digital dalam Pembelajaran PAK dalam Terang Deklarasi Gravissimum Educationis
DOI:
https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.405Keywords:
Gravissimum Educationis, literasi digital, pembelajaran PAKAbstract
Artikel ini berfokus pada literasi digital yang relevan dalam pembelajaran PAK yang diterangi oleh deklarasi Gravissimum Educationis (GE). Masalah yang ditemukan adalah maraknya berita palsu (fake news) dengan kemampuan teknologi digital. Fenomena ini mempengaruhi siswa dan bahkan para guru dalam memperoleh sumber belajar yang tidak benar. Dengan menggunakan metode kepustakaan dan studi dokumen, penulis menyimpulkan bahwa literasi digital yang diterangi deklarasi Gravissimum Educationis dalam pembelajaran PAK menuntut konsep pendidikan yang benar, peran aktif orangtua, pembudayaan nilai moral dan keagamaan di sekolah, dan penanaman nilai moral berdasarkan spiritualitas Kristiani bagi lembaga Pendidikan Katolik. Prinsip pendampingan orangtua adalah perhatian pada pemenuhan hak dan kewajiban dalam pendidikan anak diiringi oleh adanya pendidikan moral di sekolah yang menekankan prinsip cinta kasih, kebebasan dalam terang Injil. Singkatnya, penekanan pendidikan menurut GE adalah kolaborasi yang sinergis antara komponen keluarga, sekolah dan masyarakat.