Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri: Sebuah Tawaran dalam Desain Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti pada Capaian Pembelajaran Pribadi Peserta Didik Fase E
DOI:
https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.406Keywords:
Inkuiri, PAK, Pembelajaran, StrategiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas strategi pembelajaran inkuiri (SPI) sebagai sebuah tawaran dalam desain tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti pada capaian Pembelajaran Pribadi Peserta Didik fase E. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang mengambil sumber data dari berbagai tulisan untuk analisis dan dipaparkan dalam satu kesatuan pemikiran yang utuh. Hasil yang diperoleh, yakni (1) Strategi pembelajaran inkuiri sebagai rangkaian kegiatan pembelajaran menekankan pentinya proses berpikir kritis dan analisis untuk menemukan apa yang ditanyakan, (2) SPI dapat meningkatkan efektivitas belajar peserta didik, (3) SPI dinilai cocok untuk desain Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti pada Capaian Pembelajaran Pribadi Peserta Didik Fase E. Dengan memanfaatkan strategi pembelajaran inkuiri, para pendidik memiliki alternative dalam mendesain tujuan pembelajaran.