Objectives -Oriented Evaluation: The Tylerian Tradition Sebagai Tawaran Evaluasi terhadap Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53544/sapa.v8i2.474Keywords:
evaluasi kurikulum, objectives oriented evaluation, tylerian traditionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Objectives-oriented Evaluation: the Tylerian Tradition sebagai tawaran evaluasi terhadap satuan pendidikan sekolah dasar dari perspektif evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang mengambil sumber data dari berbagai tulisan untuk analisis dan dipaparkan dalam satu kesatuan pemikiran yang utuh. Hasil yang diperoleh, yakni (1) objectives-oriented evaluation: the Tylerian tradition merupakan pendekatan evaluasi yang menekankan aspek tujuan; (2) langkah-langkah evaluasinya menekankan aspek tujuan; (3) evaluasi Tyler dipakai untuk melihat komponen tujuan, konten, proses, dan penilaian pada tingkat Sekolah Dasar. Dengan memanfaatkan evaluasi Tyler, para pendidik memiliki alternatif dalam mendesain evaluasi dan asesmen pembelajaran.