Model Pembelajaran Treffinger Sebagai Cara Memproseskan Materi Pendidikan Agama Katolik

Authors

  • Fransiskus Soda Betu Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa

DOI:

https://doi.org/10.53544/sapa.v9i1.631

Keywords:

Agama Katolik, model pembelajaran, treffinger

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang model pembelajaran treffinger sebagai salah satu cara memeroseskan materi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik  ditinjau dari perspektif  kurikulum dan pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi metode literatur yang merangkul data dari berbagai sumber tulisan untuk dianalisis, kemudian disajikan secara terpadu dalam satu kerangka pemikiran yang terkait dengan proses pembelajaran berbasis model treffinger. Hasil yang diperoleh, yakni (1) model treffinger dapat diidentifikasi sebagai Creative Problem Solving, sebuah pendekatan yang signifikan dalam memajukan pemecahan masalah kreatif. (2) memiliki tiga komponen, yakni understanding, challenge; generating ideas, (3) preparing for action. (3) model treffinger cocok untuk materi yang berkaitan dengan upaya kreatif dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, disarankan agar penerapan model treffinger lebih lanjut diintegrasikan ke dalam kurikulum Pendidikan Agama Katolik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kreatif peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Artikel