Menumbuhkan Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang pada Bidang Bantu Diri Makan menggunakan Sendok melalui Bimbingan Fisik dan Lisan
Keywords:
anak tunagrahita sedang, bimbingan fisik dan lisan, makan menggunakan sendokAbstract
Anak tunagrahita sedang merupakan anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan mental, gangguan tersebut diakibatkan karena tingkat kecerdasan yang rendah. Keadaan kecerdasan yang rendah bagi anak tunagrahita kategori sedang mengakibatkan permasalahan yang begitu kompleks dalam kehidupan sehari-harinya dan cenderung tergantung pada orang lain. Peneliti menemukan salah satu anak tunagrahita sedang di wisma Mitra Bawah yang belum bisa makan menggunakan sendok dengan benar. Berdasarkan hal tersebut maka pengabdian kepada masarakat ini bertujuan untuk membimbing anak melalui bimbingan secara fisik maupun lisan terhadap anak tunagrahita sedang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil menunjukkan adanya perkembangan pada anak tunagrahita sedang di wisma Mitra Bawah terkait makan menggunkan sendok. Oleh karena itu peneliti sangat menganjurkan kepada pembaca agar menerapkan metode bimbingan fisik dan lisan pada anak tunagrahita berat yang mengalami kesulitan makan dengan sendok.