Publication Ethics

Ketentuan-ketentuan Etis Penerbitan

Jurnal Pelayanan Pastoral adalah jurnal peer-review, tersedia dalam bentuk cetak dan online dan diterbitkan dua kali setahun

Jurnal ini menggunakan sistem blind revierwer untuk mempublikasikan artikel-artikel yang memberi kontribusi terhadap bidang Teologi dan Pastoral. Untuk menjaga kualitas jurnal ini, diberikan beberapa ketentuan etika publikasi yang perlu diperhatikan:

Panduan Etika Publikasi JPP

Publikasi sebuah artikel merupakan proses yang sangat penting untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang koheren dan terhormat. Ini merupakan cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukungnya. Artikel yang akan dipublikasi dalam JPP akan mengunakan standar metode penulisan ilmiah dalam teologi pastoral. Oleh karena itu penting untuk disepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan ini: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.

Pusat penelitian dan studi STP-IPI sebagai penerbit Jurnal Pelayanan Pastoral menjalankan tugas perwaliannya di semua tahap penerbitan dan kami memikul tanggung jawab etis dan tanggung jawab yang lainnya. JPP berkomitmen untuk memastikan bahwa proses penerbitan artikel-artikel itu memenuhi asas-asas akademik yang profesional.

Keputusan penerbitan artikel

Editor dari Jurnal Pelayanan Pastoral bertanggung jawab dan berwenang untuk memutuskan artikel mana yang akan diterbitkan di jurnal. Validasi pekerjaan yang dimaksud dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dari dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait fitnah, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Keadilan

Editor mengevaluasi artikel untuk konten intelektualnya tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit yang sesuai. Tim Editor harus menjaga kerahasiaan selama proses evaluasi

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Materi yang tidak diterbitkan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan; dan melalui komunikasi antara tim editor dengan penulis, penulis dapat dibantu untuk memperbaiki makalah.

Kecepatan

Reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk memberikan evaluasi terhadap penelitian atau artikel tertentu sehingga evaluasi tidak mungkin dilakukan harus memberi tahu editor dan menarik diri dari proses evaluasi.

Kerahasiaan

Setiap manuskrip yang diterima harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Dokumen-dokumen tersebut tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis tidak tepat. reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka secara jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya terbitan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Pernyataan apapun berupa observasi, derivasi, atau argumen telah diungkapkan harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus meminta perhatian editor jika ada kesamaan atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi istimewa atau ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah tersebut.

 

Tugas Penulis

Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus disajikan secara akurat di artikel. Sebuah artikel harus berisi detail dan referensi yang cukup. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karyanya yang sepenuhnya asli; jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, hal itu harus dikutip dengan tepat dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Publikasi Ganda, Berlebihan atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh menerbitkan artikel yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Pengiriman naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal merupakan tindakan yang kurang etis dan tidak benar.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat atas pekerjaan orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutib publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan.

Kepengarangan Naskah

Penulisan pengarang harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari studi yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Jika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis terkait harus memastikan bahwa semua penulis harus disertakan di dalam naskah; dan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi akhir naskah dan telah menyetujui penyerahannya untuk dipublikasikan.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan baik finansial maupun substantif lainnya yang dapat mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar pada Naskah yang diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, itu adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk mencabut atau memperbaiki makalah tersebut.

 

Plagiarism Notice

Jurnal Pelayanan Pastoral sebagai jurnal peer review yang terhormat berkomitmen memastikan bahwa semua penulis berhati-hati dan mematuhi standar internasional untuk integritas akademik, khususnya dalam masalah plagiarisme.

Plagiarisme terjadi ketika seorang penulis mengambil ide, informasi, atau kata-kata dari sumber lain tanpa kredit yang tepat ke sumbernya. Meskipun terjadi secara tidak sengaja, plagiarisme tetap merupakan pelanggaran akademik, dan tidak dapat diterima dalam publikasi akademik internasional.

Ketika penulis mempelajari informasi tertentu (nama, tanggal, tempat, nomor statistik, atau informasi rinci lainnya) dari sumber tertentu, diperlukan kutipan.

Ketika penulis mengambil ide dari kolega lain, kutipan diperlukan — bahkan jika dia kemudian mengembangkan ide tersebut lebih jauh. Ini mungkin ide tentang bagaimana menafsirkan data, baik metodologi yang akan digunakan maupun kesimpulan yang harus ditarik; hal ini mungkin saja hanya merupakan gagasan tentang perkembangan yang terjadi di lapangan atau informasi umum. Terlepas dari idenya, dia harus mengutip sumbernya.

Dalam kasus di mana dia mengembangkan ide lebih lanjut, masih perlu mengutip sumber asli dari ide tersebut; dan kemudian dalam kalimat berikutnya penulis dapat menjelaskan posisinya lebih lanjut tentang ide yang dikembangkan. Apabila dia menemukan bahwa argumennya serupa dengan rekan-rekannya yang lain, dia juga disarankan untuk menyebutkan kesamaan dengan argumennya masing-masing.

Ketika dia mengambil kalimat dari penulis lain, diperlukan kutipan dan tanda kutip. Setiap kali empat atau lebih kata berurutan identik dengan sumber yang dia baca, dia harus menggunakan tanda kutip untuk menunjukkan penggunaan kata asli penulis lain; kutipan saja tidak cukup.

Jurnal Pelayanan Pastoral sangat memperhatikan integritas akademik; dan tim editor berhak untuk menolak atau menarik kembali naskah/artikel yang ditemukan melanggar standar yang ditetapkan di atas.

 

Acknowledgement

Anggota Tim Editorial Jurnal Pelayanan Pastoral mengucapkan terima kasih kepada semua kontributor dalam Jurnal Palayanan Pastoral ini dan memberikan apresiasi penuh kepada semua reviewer yang telah berkontribusi dalam proses peer review naskah. Dukungan dan bantuan profesional dari rekan-rekan yang terhormat ini membuat jurnal ini sukses.