Manajemen Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Lingkungan Inklusi Ramah Pembelajaran (LIRP) Pada Sekolah Dasar Reguler
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v1i1.141Kata Kunci:
Manajemen Peserta Didik, Anak Berkebutuhan Khusus, Lingkungan Inklusi, Ramah PembelajaranAbstrak
Tujuan penyusunan artikel ini adalah mendeskripsikan manajemen peserta didik anak berkebutuhan khusus melalui pendekatan LIRP. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengkaji literatur, observasi dan wawancara di lapangan dengan para pelaku pendidikan inklusi di sekolah inklusi. Hasil yang diperoleh bahwa manajemen peserta didik anak berkebutuhan khusus dengan pendekatan lingkungan inklusi ramah pembelajaran adalah sebuah proses dalam memberdayakan sumberdaya manusia yang ada di sekolah sebagai subyek pendidikan, dimana semua pelaku pendidikan ini saling memberdayakan diri melalui proses interaksi sosial, dengan tujuan mengasah kepekaan akfektif dan kecerdasan secara kognitif. Dengan demikian sekolah dasar reguler yang terinklusi adalah sarana untuk menciptakan lingkungan perkembangan seluruh aspek kehidupan peserta didik yang berkebutuhan khusus dan pelaku pendidikan lainnya dengan lebih optimal. Dari hasil penelitian ini, satu rekomendasi sebagai catatan bagi para pembuat kebijakan dan penyelenggara pendidikan inklusi supaya menyediakan sumberdaya yang memadai bagi layanan anak berkebutuhan khusus seprti tenaga tarapis, psikolog, dokter dan ditempatkan di sekolah-sekolah reguler yang terinklusi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













