PENGGUNAAN GAME ONLINE OLEH MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL IPI MALANG PRODI PENDIDIKAN PENGAJARAN AGAMA KATOLIK
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.268Kata Kunci:
game Online, mahasiswa, kuliah, PPAKAbstrak
Game online telah berkembang pesat di berbagai kalangan masyarakat. Secara khusus di kalangan Mahasiswa Prodi Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik (PPAK). Kenyataannya ialah banyak mahasiswa yang bermain game online dan melupakan prioritasnya sebagai mahasiswa. Data ini diperoleh berdasarkan pengamatan penulis. Dampak atau masalah yang terjadi di Prodi PPAK yaitu mahasiswa sering kali melalaikan bahkan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh para dosen, juga sering tidak hadir kuliah karena kelelahan bermain game online . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana mahasiswa Prodi PPAK memanajemen waktu saat bermain game online , jenis game online yang dimainkan dan bagaimana hubungan game online dengan mahasiswa Prodi PPAK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa penelitian menggunakan model Milles dan Huberman. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: pertama; dalam hal fokus manajemen waktu mahasiswa tidak dapat memanage waktu mereka dengan baik. Kedua; dalam fokus isi media game online yang dimainkan mahasiswa memiliki genre yang sama yakni, Real-Time Strategy atau berperang. Ketiga; dalam fokus hubungan media dengan individu mahasiswa tidak dapat mengendalikan diri mereka ketika mereka sudah bermain game online , sehingga sering kali melalaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi:mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Lisensi *Creative Commons
Ciptaan* disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional