PENGGUNAAN GAME ONLINE OLEH MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL IPI MALANG PRODI PENDIDIKAN PENGAJARAN AGAMA KATOLIK
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.268Kata Kunci:
game Online, mahasiswa, kuliah, PPAKAbstrak
Game online telah berkembang pesat di berbagai kalangan masyarakat. Secara khusus di kalangan Mahasiswa Prodi Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik (PPAK). Kenyataannya ialah banyak mahasiswa yang bermain game online dan melupakan prioritasnya sebagai mahasiswa. Data ini diperoleh berdasarkan pengamatan penulis. Dampak atau masalah yang terjadi di Prodi PPAK yaitu mahasiswa sering kali melalaikan bahkan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh para dosen, juga sering tidak hadir kuliah karena kelelahan bermain game online . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana mahasiswa Prodi PPAK memanajemen waktu saat bermain game online , jenis game online yang dimainkan dan bagaimana hubungan game online dengan mahasiswa Prodi PPAK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa penelitian menggunakan model Milles dan Huberman. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: pertama; dalam hal fokus manajemen waktu mahasiswa tidak dapat memanage waktu mereka dengan baik. Kedua; dalam fokus isi media game online yang dimainkan mahasiswa memiliki genre yang sama yakni, Real-Time Strategy atau berperang. Ketiga; dalam fokus hubungan media dengan individu mahasiswa tidak dapat mengendalikan diri mereka ketika mereka sudah bermain game online , sehingga sering kali melalaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













