PENGGUNAAN GAME ONLINE OLEH MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL IPI MALANG PRODI PENDIDIKAN PENGAJARAN AGAMA KATOLIK

Penulis

  • Teresia Noiman Derung Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.268

Kata Kunci:

game Online, mahasiswa, kuliah, PPAK

Abstrak

Game online  telah berkembang pesat di berbagai kalangan masyarakat. Secara khusus di kalangan Mahasiswa Prodi Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik (PPAK). Kenyataannya ialah banyak mahasiswa yang bermain game  online  dan melupakan prioritasnya sebagai mahasiswa. Data ini diperoleh berdasarkan pengamatan penulis. Dampak atau masalah yang terjadi di Prodi PPAK yaitu mahasiswa sering kali melalaikan bahkan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh para dosen, juga sering tidak hadir kuliah karena kelelahan bermain game  online . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana mahasiswa Prodi PPAK memanajemen waktu saat bermain game  online , jenis game  online  yang dimainkan dan bagaimana hubungan game  online  dengan mahasiswa Prodi PPAK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa penelitian menggunakan model Milles dan Huberman. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: pertama; dalam hal fokus manajemen waktu mahasiswa tidak dapat memanage waktu mereka dengan baik. Kedua; dalam fokus isi media game  online  yang dimainkan mahasiswa memiliki genre yang sama yakni, Real-Time Strategy atau berperang. Ketiga; dalam fokus hubungan media dengan individu mahasiswa tidak dapat mengendalikan diri mereka ketika mereka sudah bermain game  online , sehingga sering kali melalaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa.

Biografi Penulis

Teresia Noiman Derung, Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang

Dosen Prodi PPAK STP-IPI Malang

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-25

Cara Mengutip

Derung, T. N. (2021). PENGGUNAAN GAME ONLINE OLEH MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL IPI MALANG PRODI PENDIDIKAN PENGAJARAN AGAMA KATOLIK. Jurnal Pelayanan Pastoral, 2(2), 93–104. https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.268

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama