PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM SDLB BHAKTI LUHUR MALANG
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v2i2.270Kata Kunci:
Problematika, pengembangan kurikulumAbstrak
Kurikulum dalam implementasinya terus mengalami perubahan. Perubahan tersebut mengindikasi bahwa sifat kurikulum itu sendiri tidak stagnan melainkan dinamis mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak perkembangan IPTEK dapat terjadi di semua lini kehidupan masyarakat. Kebutuhan dan tuntutan di masyarakat luas mau tidak mau berubah seiring perubahan dan perkembangan yang terjadi. Perubahan dalam kurikulum pendidikan di lembaga pendidikan reguler, inklusi, maupun pendidikan khusus sebenarnya bermaksud agar tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 dapat tercapai dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa anak dengan kebutuhan khusus tertentu memerlukan banyak penyesuaian karena antara satu individu dengan individu lainnya memiliki kemampuan yang berbeda. Untuk mengatasi keberagaman tersebut, maka pendidik berkewajiban untuk melakukan modifikasi untuk setiap kategorinya. Dalam upaya pengembangan kurikulum aneka problematika pasti bermunculan. Problematika pengembangan kurikulum SDLB belum banyak diteliti sehingga penelitian ini difokuskan lebih pada mengeksplorasi problematika yang dihadapi oleh para pendidik anak berkebutuhan khusus di jenjang Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif desain studi kasus dan analisis data interaktif model Miles dan Huberman. Subyek penelitian adalah 4 guru SDLB Bhakti Luhur Malang. Instrumen utama adalah human instrumen. Instrumen pendukung menggunakan pedoman wawancara, alat rekam, dan pedoman observasi. Langkah analisis data interaktif model Miles dan Huberman adalah 1) data reduction 2) data display 3) conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematik pengembangan kurikulum meliputi model pengembangan, kompleksitas peserta didik, konektivitas, sumber daya tim pengembangan kurikulum.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













