MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK AUTISME DALAM BIDANG BANTU DIRI MANDI DENGAN METODE PECS DI WISMA RASIDA 15A

Penulis

  • Klemensia Nini Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang
  • Abed Nego Ndamung Maramba Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.290

Kata Kunci:

Anak Autisme, bantu diri mandi, metode PECS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode PECS (Picture Exchange Communication System) terhadap kemampuan bantu diri mandi pada anak dengan gangguan autisme. Rancangan penelitian yang digunakan adalah SSR (Single Subject Research) desain A-B-A selama 12 sesi. Hasil penelitian yang berfokus pada sepuluh indikator latihan bantu diri mandi: 1) mengambil peralatan mandi, 2) membawa peralatan mandi ke kamar mandi, 3) meletakan peralatan mandi sesuai tempatnya, 4) mengambil air di ember dengan gayung, 5) menyiram tubuh dengan air 4 sampai 5 kali, 6) mengambil dan membasahi sabun, 7) menggosok sabun ke wajah, leher, dan belakang telinga, 8) menggosok sabun ke lengan kiri dan kanan sampai ke ujung jari tangan dan ketiak, badan dan punggung, kedua kaki dan jarinya, 9) membilas seluruh tubuh hingga bersih, 10) mengeringkan tubuh dengan handuk dimulai dari rambut, wajah, leher, telinga, lengan dan ketiak, badan, punggung, dan kaki, hingga kering. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa fase baseline-1 (A) dilaksanakan selama 3 sesi memperoleh skor rata-rata 36%, fase intervensi (B) dilaksanakan selama 6 sesi meraih skor rata-rata 76,6%, dan fase baseline-2 (A) dilaksanakan selama 3 sesi dengan skor rata-rata 80%. Hasil analisis visual dalam kondisi menunjukkan bahwa kecenderungan arah meningkat dari sesi ke sesi yang artinya menunjukkan perubahan baik (+).  Sedangkan pada analisis antar kondisi perubahan level dari fase baseline ke fase intervensi mengalami penaikan dari data sebelumnya sedangkan persentase overlap pada fase A1 dan B adalah 0%; fase A2 dan B sebesar 0,3%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perubahan kemampuan bantu diri mandi pada anak autisme terjadi akibat adanya intervensi metode PECS.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Nini, K., & Ndamung Maramba, A. N. . (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK AUTISME DALAM BIDANG BANTU DIRI MANDI DENGAN METODE PECS DI WISMA RASIDA 15A. Jurnal Pelayanan Pastoral, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.290