PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI ALAM TERBUKA
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.291Kata Kunci:
Pembelajaran konvensional, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran Inovatif, Pelaksanaan PembelajaranAbstrak
Pembelajaran di dalam kelas dengan meja dan kursi belajar menjadi salah satu model pembelajaran konvensional yang umum diterapkan di lembaga Pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi. Padahal, sesungguhnya proses belajar dapat dilakukan di mana saja termasuk di luar ruangan atau alam terbuka, termasuk pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Konsep ini merupakan sebuah inovasi dibidang Pendidikan. Belum banyak penelitian formal yang tersedia tentang pelaksanaan pembelajaran Alam terbuka dan belum ada acuan kurikulum yang mengatur pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di alam terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis alam terbuka bagi Anak Berkebutuhan Khusus serta melihat dampak positif dan dampak negative bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam mengikuti pembelajaran di alam terbuka. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi aktivitas pembelajaran, wawancara dan studi dokumentasi. Sekolah Alam Terbuka tidak harus menggunakan bangunan gedung yang mewah melainkan bisa menggunakan ruang kelas dari kayu, sehingga biaya untuk gedung sekolah atau ruang belajar lebih murah. Karena pendidikan yang berkualitas tidak ditentukan oleh bangunan fisik gedungnya, melainkan pada kualitas guru, metodologi yang benar dan resource buku yang memadai sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dijalankan sesuai dengan metode belajar bersama alam. Pada prinsipnya, sekolah ini menggunakan metode patut dalam memilih model pembelajaran. Artinya, metode apapun yang sesuai dapat digunakan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













