PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI ALAM TERBUKA

Penulis

  • Theresia Macaria Laiyan Program Studi Manajemen Bisnis, Institus Asia Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.291

Kata Kunci:

Pembelajaran konvensional, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran Inovatif, Pelaksanaan Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran di dalam kelas dengan meja dan kursi belajar menjadi salah satu model pembelajaran konvensional yang umum diterapkan di lembaga Pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi. Padahal, sesungguhnya proses belajar dapat dilakukan di mana saja termasuk di luar ruangan atau alam terbuka, termasuk pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Konsep ini merupakan sebuah inovasi dibidang Pendidikan. Belum banyak penelitian formal yang tersedia tentang pelaksanaan pembelajaran Alam terbuka dan belum ada acuan kurikulum yang mengatur pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di alam terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis alam terbuka bagi Anak Berkebutuhan Khusus serta melihat dampak positif dan dampak negative bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam mengikuti pembelajaran di alam terbuka. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi aktivitas pembelajaran, wawancara dan studi dokumentasi. Sekolah Alam Terbuka tidak harus menggunakan bangunan gedung yang mewah melainkan bisa menggunakan ruang kelas dari kayu, sehingga biaya untuk gedung sekolah atau ruang belajar lebih murah. Karena pendidikan yang berkualitas tidak ditentukan oleh bangunan fisik gedungnya, melainkan pada kualitas guru, metodologi yang benar dan resource buku yang memadai sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dijalankan sesuai dengan metode belajar bersama alam. Pada prinsipnya, sekolah ini menggunakan metode patut dalam memilih model pembelajaran. Artinya, metode apapun yang sesuai dapat digunakan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Laiyan, T. M. . (2022). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI ALAM TERBUKA. Jurnal Pelayanan Pastoral, 3(1), 71–76. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.291