MODEL PELAYANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v3i2.341Kata Kunci:
Anak Berkebutuhan Khusus, Model Pembelajaran, Sekolah Inklusi, Pandemi Covid-19Abstrak
Pada masa pandemi covid-19 ini hampir seluruh pendidikan di Indonesia mengubah sistem pembelajaran termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Anak diharuskan belajar di rumah dengan pendampingan orangtua namun tetap dalam pengawasan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pelayanan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus ditengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan model pelayanan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan adalah pembelajaran 5M. Pertama Memanusiakan hubungan dengan cara membangun relasi positif antara guru, siswa dan orang tua. Kedua, Memahami Konsep. Ketiga Membangun keberlanjutan dengan melakukan refleksi bersama orang tua. Keempat, Memilih tantangan dengan memberikan ragam aktivitas pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa dan jam belajar yang fleksibel. Kelima, Memberdayakan konteks. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan strategi pembelajaran jarak jauh 5M memberikan kontribusi bagi guru dan orang tua dalam berkolaborasi mendidik siswa berkebutuhan khusus agar berdaya belajar dan tetap produktif di masa pandemi Covid-19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













