MODEL PELAYANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Maria Elviani Jelita STIPAS ST. Sirilus Ruteng, Manggarai, Flores, NTT-Indonesia
  • Maria R.I. Misales STIPAS ST. Sirilus Ruteng, Manggarai, Flores, NTT-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v3i2.341

Kata Kunci:

Anak Berkebutuhan Khusus, Model Pembelajaran, Sekolah Inklusi, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pada masa pandemi covid-19 ini hampir seluruh pendidikan di Indonesia mengubah sistem pembelajaran termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Anak diharuskan belajar di rumah dengan pendampingan orangtua namun tetap dalam pengawasan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pelayanan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus ditengah pandemi covid-19. Penelitian  ini menggunakan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan model pelayanan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan adalah pembelajaran 5M. Pertama Memanusiakan hubungan dengan cara membangun relasi positif antara guru, siswa dan orang tua. Kedua, Memahami Konsep. Ketiga Membangun keberlanjutan dengan melakukan refleksi bersama orang tua. Keempat, Memilih tantangan dengan memberikan ragam aktivitas pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa dan jam belajar yang fleksibel. Kelima, Memberdayakan konteks.  Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan strategi pembelajaran jarak jauh 5M memberikan kontribusi bagi guru dan orang tua dalam berkolaborasi mendidik siswa berkebutuhan khusus agar berdaya belajar dan tetap produktif di masa pandemi Covid-19.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Elviani Jelita, M., & R.I. Misales, M. (2022). MODEL PELAYANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Pelayanan Pastoral, 3(2), 127–136. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i2.341