UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI WISMA PAULO 6 YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v4i1.362Kata Kunci:
Ability, bath, Mental reterdation, self-helpAbstrak
Penyandang tunagrahita seringkali mengalami keterlambatan dalam perkembangan baik fisik maupun mental sehingga memerlukan intervensi untuk mengejar keterlambatan tersebut. Program Terpadu Bhakti Luhur atau PTBL merupakan program andalan Yayasan Bhakti Luhur untuk membantu penyandang tunagrahita bisa meningkatkan ketidakmampuannya. Salah satunya adalah ketidakmampuan dalam bidang bantu diri mandi. Penelitian ini bermaksud menilai apakah latihan PTBL bisa meningkatkan kemampuan bantu diri mandi anak tunagrahita yang ada di Wisma Dewandaru Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimental karena tidak ada kelompok kontrol dengan desain one grup pretest and posttest. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan peneliti lain untuk melatih penyandang tunagrahita lain yang mengalami masalah dengan bantu diri mandi. Adapun hasil diperoleh hasil sebagai berikut: untuk responden YT nilai pre testnya sebesar 52 dan post tesnya 65 jadi ada peningkatan 13 point, responden LS nilai pre tesnya sebesar 54,5 dan nilai post tesnya 70 jadi ada peningkatan 15,5 point, responden IS nilai pre testnya sebesar 52 dan nilai post tesnya 71,5 jadi ada peningkatan 19,5 point, responden P nilai pre tesnya sebesar 56,5 dan post test 77 jadi ada peningkatan 20,5 point. Jika dilihat dari keempat responden atau subjek tersebut yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah P dengan peningkatan 20,5 point dan urutan kedua IS mengalami peningkatan 19 point, yang ketiga LS dengan peningkatan 15 point dan yang terakhir adalah YT dengan 13 point
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













