UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI WISMA PAULO 6 YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG

Penulis

  • Sri Wahyuni Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan IPI Malang
  • Stefanus Ngea Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v4i1.362

Kata Kunci:

Ability, bath, Mental reterdation, self-help

Abstrak

Penyandang tunagrahita seringkali mengalami keterlambatan dalam perkembangan baik fisik maupun mental sehingga memerlukan intervensi untuk mengejar keterlambatan tersebut. Program Terpadu Bhakti Luhur atau PTBL merupakan program andalan Yayasan Bhakti Luhur untuk membantu penyandang tunagrahita bisa meningkatkan ketidakmampuannya. Salah satunya adalah ketidakmampuan dalam bidang bantu diri mandi. Penelitian ini bermaksud menilai apakah latihan PTBL bisa meningkatkan kemampuan bantu diri mandi anak tunagrahita yang ada di Wisma Dewandaru Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimental karena tidak ada kelompok kontrol dengan desain one grup pretest and posttest. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan peneliti lain untuk melatih penyandang tunagrahita lain yang mengalami masalah dengan bantu diri mandi. Adapun hasil  diperoleh hasil sebagai berikut: untuk responden YT nilai pre testnya sebesar 52  dan post tesnya 65 jadi ada peningkatan 13 point, responden LS nilai pre tesnya sebesar 54,5 dan nilai post tesnya 70 jadi ada peningkatan 15,5 point, responden IS nilai pre testnya sebesar 52 dan nilai post tesnya 71,5 jadi ada peningkatan 19,5 point, responden  P nilai pre tesnya  sebesar 56,5 dan post test 77 jadi ada peningkatan 20,5 point. Jika dilihat dari keempat responden atau subjek tersebut yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah P dengan peningkatan 20,5 point dan urutan kedua IS mengalami peningkatan 19 point, yang ketiga LS dengan peningkatan 15 point dan yang terakhir adalah YT dengan 13 point

 

Diterbitkan

2023-04-29

Cara Mengutip

Wahyuni, S., & Ngea, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI WISMA PAULO 6 YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG. Jurnal Pelayanan Pastoral, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.53544/jpp.v4i1.362