MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SDLB BHAKTI LUHUR MALANG
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v4i1.411Kata Kunci:
Pra-membaca, media gambar, tunagrahita sedangAbstrak
Setiap orang berhak memperoleh kesempatan dalam belajar, karena dengan belajar membaca orang akan mampu untuk memahami dan mengerti dengan baik. Membaca merupakan kemampuan yang kompleks sebagai satu kesatuan proses psikologis dan perkembangan keterampilan. Membaca merupakan proses pengenalan kata, memahami kata-kata, dan suatu keterampilan yang wajib dimiliki oleh anak. Membaca permulaan merupakan kegiatan dimana anak belum bisa membaca maka perlu dikenalkan huruf. Kesempatan belajar membaca terbuka bagi semua orang termasuk anak tunagrahita sedang. Kondisi keterbatasan tunagrahita sedang, dalam menerima dan menangkap informasi mempengaruhi kemampuan membaca di SDLB Bhakti Luhur Malang kelas C1. Ada 3 anak tunagrahita sedang belum bisa membaca permulaan. Langkah yang diambil melatih membaca permulaan menggunakan media gambar. Tujuannya membuktikan bahwa melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sedang. Jenis penelitian adalah desain eksperimen digunakan pre eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Bhakti Luhur Malang kelas C1 yang terdiri dari 3 anak tunagrahita sedang. Hasil yang diperoleh setelah diberi perlakuan untuk 3 anak tunagrahita mengalami peningkatan dalam membaca permulaan yaitu FD, memperoleh rata-rata 17,5% untuk latihan meniru, mencocokan, mengenal huruf dan mengeja suku kata. AB, memperolah nilai rata- rata 25% latihan meniru, mencocokan, mengenal huruf dan mengeja suku kata. CE, memperoleh nilai rata- rata 27,5% dalam meniru, mencocokan, mengenal huruf dan mengeja suku kata.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













