Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Down Syndrome Melalui Aktivitas Melipat Kertas
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.421Kata Kunci:
down syndrome, fine motoric, paper folding activityAbstrak
RJ adalah seorang anak yang menyandang down syndrome. Dalam perkembangan kemampuan motorik halus, RJ mengalami masalah karena rendahnya tonus sehingga RJ tidak mampu mengerjakan aktivitas menggunakan jari-jari tangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus RJ melalui aktivitas melipat kertas. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal atau yang dikenal dengan single subject research dengan desain A-B-A (Baseline-Intervensi-Baseline). Pada kondisi baseline-A1 dilakukan selama tiga sesi dan diberi skor tanpa intervensi, pada kondisi Intervensi-B terdapat enam sesi dengan intervensi dan diberi skor kemudian diulang lagi kondisi baseline A2 dengan tiga sesi kegiatan. Adapun hasil yang didapat pada sesi baseline A1 mendapat skor rata-rata 26% yang artinya bahwa cara melipat anak masih dalam kategori tidak rapi yang artinya motorik halusnya kurang bagus. Pada kondisi intervensi baru ada kemajuan di mana pada hari pertama intervensi memperoleh hasil 40% cukup rapi dan di akhir sesi intervensi RJ memperoleh skor 100% (sangat rapi). Untuk meyakinkan bahwa kemampuan melipat kertas ini bagus maka dilakukan pengecekan ulang selama tiga sesi dan di sesi terakhir memperoleh skor 94 % walau di bawah hasil kondisi intervensi tetapi ini masih dalam kategori sangat rapi. Hal ini dikarenakan anak melakukan sendiri tanpa intervensi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













