Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Down Syndrome Melalui Aktivitas Melipat Kertas
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.421Kata Kunci:
down syndrome, fine motoric, paper folding activityAbstrak
RJ adalah seorang anak yang menyandang down syndrome. Dalam perkembangan kemampuan motorik halus, RJ mengalami masalah karena rendahnya tonus sehingga RJ tidak mampu mengerjakan aktivitas menggunakan jari-jari tangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus RJ melalui aktivitas melipat kertas. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal atau yang dikenal dengan single subject research dengan desain A-B-A (Baseline-Intervensi-Baseline). Pada kondisi baseline-A1 dilakukan selama tiga sesi dan diberi skor tanpa intervensi, pada kondisi Intervensi-B terdapat enam sesi dengan intervensi dan diberi skor kemudian diulang lagi kondisi baseline A2 dengan tiga sesi kegiatan. Adapun hasil yang didapat pada sesi baseline A1 mendapat skor rata-rata 26% yang artinya bahwa cara melipat anak masih dalam kategori tidak rapi yang artinya motorik halusnya kurang bagus. Pada kondisi intervensi baru ada kemajuan di mana pada hari pertama intervensi memperoleh hasil 40% cukup rapi dan di akhir sesi intervensi RJ memperoleh skor 100% (sangat rapi). Untuk meyakinkan bahwa kemampuan melipat kertas ini bagus maka dilakukan pengecekan ulang selama tiga sesi dan di sesi terakhir memperoleh skor 94 % walau di bawah hasil kondisi intervensi tetapi ini masih dalam kategori sangat rapi. Hal ini dikarenakan anak melakukan sendiri tanpa intervensi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelayanan Pastoral
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi:mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Lisensi *Creative Commons
Ciptaan* disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional