Meningkatkan Kemampuan Melipat Pakaian bagi Anak Tunagrahita Sedang di Wisma Setaman Dalam Bhakti Luhur Malang

Penulis

  • Margaretha Jayusni Siribere Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan IPI Malang
  • Fabianus Selatang Sekolah Tinggi Patoral Yayasan IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.450

Kata Kunci:

folding clothes, homestead, moderate intelectual disability, bhakti luhur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsiskan pelaksanaan keterampilan melipat pakaian bagi anak tunagrahita sedang. Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang mengalami keterbatasan baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak normal seusia dengannya. Tunagrahita adalah suatu kondisi anak yang kecerdasannya di bawah rata-rata anak normal dan ditandai dengan keterbatasan dalam hal intlegensi dan ketidakcakapan dalam komunikasi sosial. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan kemampuan melipat pakaian terhadap anak tunagrahita sedang yang tinggal di Wisma Setaman Dalam. Metode yang dilakukan oleh penulis adalah observasi terutama untuk membuat ketentuan kegiatan latihan untuk anak berkebutuhan khusus. Untuk mendukung data di atas, penulis juga melakukan wawancara salah satu penanggung jawab wisma yang memiliki keahlian dibidang anak tunagrahita sedang. Setelah melewati proses-proses itu, penulis menemukan suatu ketentuan kegiatan latihan yang sesuai dengan keadaan dan anak berkebutuhan khusus. Langkah selanjutnya, kegiatan latihan yang telah ditentukan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang dibuatkan selama ini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-28

Cara Mengutip

Siribere, M. J., & Selatang, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Melipat Pakaian bagi Anak Tunagrahita Sedang di Wisma Setaman Dalam Bhakti Luhur Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.450