Pelaksanaan Bina Iman Anak (BIA) Dalam Mengembangkan Iman Anak Di Sekolah Dasar Katolik Sang Timur Malang
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v5i2.500Kata Kunci:
Sekolah, Katekese, Iman, BIAAbstrak
Pendidikan Iman Anak (BIA) di SD Katolik Sang Timur Malang berperan penting dalam mengembangkan iman anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan BIA, metode dan materi yang digunakan, peran guru BIA, kendala dan solusi dalam pelaksanaan BIA, serta dampak BIA terhadap perkembangan iman anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BIA di SD Katolik Sang Timur Malang memiliki tujuan untuk membantu anak mengenal, memahami, dan menghayati iman Katolik. Metode yang digunakan bervariasi, seperti ceramah, diskusi, bermain, dan menyanyi. Materi BIA disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak, meliputi kisah Alkitab, doa, sakramen, moral, dan liturgi. Guru BIA memiliki peran penting dalam mengembangkan iman anak dengan menjadi teladan dan menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Kendala dalam pelaksanaan BIA adalah kurangnya waktu dan sumber daya. Solusi yang ditawarkan adalah meningkatkan kerjasama antara sekolah, orang tua, dan gereja. Dampak BIA terhadap perkembangan iman anak positif, yaitu anak-anak menjadi lebih mengenal Allah, memahami iman Katolik, dan menghayatinya dalam hidup sehari-hari.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
 
						 
							














