Pelaksanaan Bina Iman Anak (BIA) Dalam Mengembangkan Iman Anak Di Sekolah Dasar Katolik Sang Timur Malang
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v5i2.500Kata Kunci:
Sekolah, Katekese, Iman, BIAAbstrak
Pendidikan Iman Anak (BIA) di SD Katolik Sang Timur Malang berperan penting dalam mengembangkan iman anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan BIA, metode dan materi yang digunakan, peran guru BIA, kendala dan solusi dalam pelaksanaan BIA, serta dampak BIA terhadap perkembangan iman anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BIA di SD Katolik Sang Timur Malang memiliki tujuan untuk membantu anak mengenal, memahami, dan menghayati iman Katolik. Metode yang digunakan bervariasi, seperti ceramah, diskusi, bermain, dan menyanyi. Materi BIA disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak, meliputi kisah Alkitab, doa, sakramen, moral, dan liturgi. Guru BIA memiliki peran penting dalam mengembangkan iman anak dengan menjadi teladan dan menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Kendala dalam pelaksanaan BIA adalah kurangnya waktu dan sumber daya. Solusi yang ditawarkan adalah meningkatkan kerjasama antara sekolah, orang tua, dan gereja. Dampak BIA terhadap perkembangan iman anak positif, yaitu anak-anak menjadi lebih mengenal Allah, memahami iman Katolik, dan menghayatinya dalam hidup sehari-hari.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pelayanan Pastoral
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi:mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Lisensi *Creative Commons
Ciptaan* disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional