Metode SAS Berbasis Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Bhakti Luhur Malang

Penulis

  • Klemensia Nini STP IPI Malang
  • Maria Oktaviana Lika Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v5i2.635

Kata Kunci:

Children with intellectual disabilities, beginning reading, SAS method, image-based learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) berbasis gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan di SLB Bhakti Luhur Malang. Penerapan metode SAS terdiri dari tiga tahap, yaitu pengenalan kalimat utuh yang disertai gambar, analisis elemen kalimat menjadi kata, suku kata, dan huruf, serta sintesis kembali elemen-elemen tersebut menjadi kalimat utuh. Pendekatan berbasis gambar diharapkan dapat memberikan konteks visual yang mendukung pemahaman siswa.

Metode yang digunakan adalah metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Metode ini dipilih guna mengevaluasi efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) berbasis gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di SLB Bhakti Luhur Malang. Pada tahap baseline 1 (A1) mengukur kemampuan membaca tanpa intervensi, sementara tahap intervensi (B) diterapkan metode SAS yang menggabungkan pengenalan kalimat dengan gambar dan analisis-sintetik elemen kalimat.

Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan membaca subjek dari 29%  dari fase baseline (A1) menjadi 62% di fase intervensi  (B), dan mencapai 84% pada fase baseline  2 (A2). Penelitian ini menegaskan perlunya metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk anak berkebutuhan khusus. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman membaca, tetapi juga mendorong keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar yang lebih aktif dan menarik. Meskipun terjadi peningkatan yang signifikan, anak tunagrahita masih memerlukan bimbingan tambahan dalam menggabungkan huruf dan kata dari variasi kalimat yang lebih kompleks. Hasil dan temuan penelitian ini memberikan peluang  untuk penelitian lebih lanjut guna terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus dan memaksimalkan potensi mereka dalam membaca.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Nini, K., & Lika, M. O. (2024). Metode SAS Berbasis Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Bhakti Luhur Malang. Jurnal Pelayanan Pastoral, 5(2), 89–99. https://doi.org/10.53544/jpp.v5i2.635

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama