Metode SAS Berbasis Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Bhakti Luhur Malang
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v5i2.635Kata Kunci:
Children with intellectual disabilities, beginning reading, SAS method, image-based learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) berbasis gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan di SLB Bhakti Luhur Malang. Penerapan metode SAS terdiri dari tiga tahap, yaitu pengenalan kalimat utuh yang disertai gambar, analisis elemen kalimat menjadi kata, suku kata, dan huruf, serta sintesis kembali elemen-elemen tersebut menjadi kalimat utuh. Pendekatan berbasis gambar diharapkan dapat memberikan konteks visual yang mendukung pemahaman siswa.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Metode ini dipilih guna mengevaluasi efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) berbasis gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan di SLB Bhakti Luhur Malang. Pada tahap baseline 1 (A1) mengukur kemampuan membaca tanpa intervensi, sementara tahap intervensi (B) diterapkan metode SAS yang menggabungkan pengenalan kalimat dengan gambar dan analisis-sintetik elemen kalimat.
Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan membaca subjek dari 29% dari fase baseline (A1) menjadi 62% di fase intervensi (B), dan mencapai 84% pada fase baseline 2 (A2). Penelitian ini menegaskan perlunya metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk anak berkebutuhan khusus. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman membaca, tetapi juga mendorong keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar yang lebih aktif dan menarik. Meskipun terjadi peningkatan yang signifikan, anak tunagrahita masih memerlukan bimbingan tambahan dalam menggabungkan huruf dan kata dari variasi kalimat yang lebih kompleks. Hasil dan temuan penelitian ini memberikan peluang untuk penelitian lebih lanjut guna terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus dan memaksimalkan potensi mereka dalam membaca.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pelayanan Pastoral
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi:mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Lisensi *Creative Commons
Ciptaan* disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional