Penggunaan Media Puzzle untuk mengenalkan warna dasar pada anak tunagrahita sedang
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v6i1.677Kata Kunci:
Basic color, Mental retardation, PuzzleAbstrak
JS adalah seorang anak yang menyandang tunagrahita sedang. Dalam perkembangan kemampuan kognitif mengenal warna dasar merah, kuning dan biru JS masih mengalami kesulitan yaitu tidak mampu membedakan warna dasar tersebut apalagi mengenal warna yaitu lain sekunder, tersier dan warna netral. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan warna dasar dengan menggunakan permainan puzzle. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal atau yang dikenal dengan single subject research dengan desain A-B-A (Baseline-Intervensi-Baseline). Pada kondisi baseline-A1 dilakukan selama tiga sesi dan diberi nilai tanpa intervensi, pada kondisi intervensi terdapat enam sesi dengan intervensi dan diberi nilai kemudian diulang lagi di kondisi baseline A-2 dengan tiga sesi kegiatan tanpa intervensi. Adapun hasil yang didapat pada sesi baseline A-1 mendapat skor rata-rata 25% yang artinya bahwa anak masih sering salah dalam menyebut warna. Pada kondisi intervensi baru ada kemajuan di intervensi ke 3 yaitu memperoleh nilai 75% dan ada kemajuan di mana pada hari terakhir intervensi memperoleh nilai 100% yang artinya anak sudah bisa mengenal warna . Untuk meyakinkan bahwa kemampuan mengenal warna sudah bisa maka dilakukan pengecekan ulang selama tiga sesi dan di sesi terakhir memperoleh nilai 100% . Dengan demikian tujuan mengenalkan warna kepada JS melalui permainan puzzle berhasil .
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi:mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Lisensi *Creative Commons
Ciptaan* disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional