LEARNING GOAL ORIENTATION SISWA DITINJAU DARI KETERLIBATAN ORANG TUA DAN DUKUNGAN GURU
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v6i2.712Kata Kunci:
Dukungan Guru, Keterlibatan Orang Tua, Learning Goal OrientationAbstrak
Upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang unggul dapat ditempuh melalui pendidikan. Sayangnya, masih beragam problema dalam sistem Pendidikan Indonesia yang berkait berkelindan. Perbincangan tentang kualitas pendidikan sering kali dikaitkan dengan faktor-faktor eksternal siswa, padahal kualitas hasil belajar tidak semata bergantung pada faktor eksternal, tetapi juga ditentukan oleh berbagai determinan internal siswa yang kompleks. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh keterlibatan orang tua dan dukungan guru terhadap learning goal orientation (LGO) siswa SMPK Santa Maria II Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, yang berciri khas mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Sampel penelitian berjumlah 230 dari total populasi sebanyak 574 siswa. Analisis statistik menggunakan program SPSS dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara variabel independen dengan variabel dependen sebesar 0,610 yang dapat diartikan “kuat”. Dari sisi kausalitas, analisis regresi secara simultan menunjukkan nilai signifikansi (Sig.F) sebesar 0.001 (< 0.05), yang mengindikasikan bahwa model regresi cocok digunakan untuk memprediksi LGO siswa. Sementara itu, secara parsial, variabel keterlibatan orang tua dan dukungan guru juga terbukti berpengaruh terhadap LGO siswa, yang dibuktikan dengan nilai Sig.t masing-masing variabel sebesar 0,001 (<0,05). Dengan demikian, hipotesis yang ajukan, baik secara simultan maupun parsial, semuanya diterima.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













