LEARNING GOAL ORIENTATION SISWA DITINJAU DARI KETERLIBATAN ORANG TUA DAN DUKUNGAN GURU

Penulis

  • Laurensius Laka STP- IPI Malang
  • Ignasius En Gedi Agung Purnomo Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v6i2.712

Kata Kunci:

Dukungan Guru, Keterlibatan Orang Tua, Learning Goal Orientation

Abstrak

Upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang unggul dapat ditempuh melalui pendidikan. Sayangnya, masih beragam problema dalam sistem Pendidikan Indonesia yang berkait berkelindan. Perbincangan tentang kualitas pendidikan sering kali dikaitkan dengan faktor-faktor eksternal siswa, padahal kualitas hasil belajar tidak semata bergantung pada faktor eksternal, tetapi juga ditentukan oleh berbagai determinan internal siswa yang kompleks. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh keterlibatan orang tua dan dukungan guru terhadap learning goal orientation (LGO) siswa SMPK Santa Maria II Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, yang berciri khas mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Sampel penelitian berjumlah 230 dari total populasi sebanyak 574 siswa. Analisis statistik menggunakan program SPSS dengan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara variabel independen dengan variabel dependen sebesar 0,610 yang dapat diartikan “kuat”. Dari sisi kausalitas, analisis regresi secara simultan menunjukkan nilai signifikansi (Sig.F) sebesar 0.001 (< 0.05), yang mengindikasikan bahwa model regresi cocok digunakan untuk memprediksi LGO siswa. Sementara itu, secara parsial, variabel keterlibatan orang tua dan dukungan guru juga terbukti berpengaruh terhadap LGO siswa, yang dibuktikan dengan nilai Sig.t masing-masing variabel sebesar 0,001 (<0,05). Dengan demikian, hipotesis yang ajukan, baik secara simultan maupun parsial, semuanya diterima.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-22

Cara Mengutip

Laka, L., & Purnomo, I. E. G. A. (2025). LEARNING GOAL ORIENTATION SISWA DITINJAU DARI KETERLIBATAN ORANG TUA DAN DUKUNGAN GURU. Jurnal Pelayanan Pastoral, 6(2), 106–117. https://doi.org/10.53544/jpp.v6i2.712