PERAN AYAH JARAK JAUH DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH: PENDEKATAN TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL BANDURA

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v6i2.716

Kata Kunci:

Peran Ayah Jarak Jauh, Perkembangan, Psikososial, Anak Usia Sekolah, Teori Pembelajaran Sosial

Abstrak

Masyarakat Indonesia umumnya menganggap bahwa pernikahan harus diikuti dengan kehadiran anak, menciptakan harapan terbentuknya keluarga yang lengkap. Namun, kompleksitas kejiwaan manusia dibentuk sejak masa awal kehidupan dan terus berkembang seiring waktu. Anak pada masa usia sekolah, lingkungan dan proses belajar berperan penting dalam membentuk kepribadian dan kemampuan anak, di mana kehadiran ayah menjadi salah satu faktor kunci. Namun, dalam banyak kasus, ayah tidak selalu dapat hadir secara fisik karena berbagai alasan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat dan kompleksitas permasalahannya bagi keterlibatan ayah dalam perkembangan anak meskipun dari jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan teori pembelajaran sosial Albert Bandura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayah jarak jauh tetap dapat menjadi model bagi anaknya dengan menerapkan tiga strategi utama yang dapat dilakukan ayah, yaitu (1) interaksi dan komunikasi yang intensif, (2) validasi emosi dan apresiasi, serta (3) kesabaran dan pengajaran empati. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi ayah dalam mendukung perkembangan anak meski dengan jarak jauh.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-22

Cara Mengutip

Simanjuntak, H. (2025). PERAN AYAH JARAK JAUH DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH: PENDEKATAN TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL BANDURA. Jurnal Pelayanan Pastoral, 6(2), 86–96. https://doi.org/10.53544/jpp.v6i2.716