PERAN AYAH JARAK JAUH DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH: PENDEKATAN TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL BANDURA
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v6i2.716Kata Kunci:
Peran Ayah Jarak Jauh, Perkembangan, Psikososial, Anak Usia Sekolah, Teori Pembelajaran SosialAbstrak
Masyarakat Indonesia umumnya menganggap bahwa pernikahan harus diikuti dengan kehadiran anak, menciptakan harapan terbentuknya keluarga yang lengkap. Namun, kompleksitas kejiwaan manusia dibentuk sejak masa awal kehidupan dan terus berkembang seiring waktu. Anak pada masa usia sekolah, lingkungan dan proses belajar berperan penting dalam membentuk kepribadian dan kemampuan anak, di mana kehadiran ayah menjadi salah satu faktor kunci. Namun, dalam banyak kasus, ayah tidak selalu dapat hadir secara fisik karena berbagai alasan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat dan kompleksitas permasalahannya bagi keterlibatan ayah dalam perkembangan anak meskipun dari jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan teori pembelajaran sosial Albert Bandura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayah jarak jauh tetap dapat menjadi model bagi anaknya dengan menerapkan tiga strategi utama yang dapat dilakukan ayah, yaitu (1) interaksi dan komunikasi yang intensif, (2) validasi emosi dan apresiasi, serta (3) kesabaran dan pengajaran empati. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi ayah dalam mendukung perkembangan anak meski dengan jarak jauh.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













