UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI WISMA PAULO 6 YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.286Kata Kunci:
Tunagrahita ringan, Remedial Teaching, membaca, menulis, menghitungAbstrak
Anak tunagrahita ringan adalah anak tunagrahita yang tidak mampu mengikuti program sekolah biasa tetapi ia masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan melalui pendidikan khusus. Remedial Teaching adalah suatu layanan pendidikan atau suatu bentuk program pembelajaran yang dilaksanakan dengan perlakuan khusus yang diberikan guru pada siswa yang mengalami kesulitan dan hambatan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa tersebut mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah remedial teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis dan menghitung bagi anak tunagrahita ringan di Wisma Paulo 6 Yayasan Bhakti Luhur Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek 2 orang anak tunagrahita ringan. Metode yang digunakan adalah observasi partisipan penuh. Sedangkan analisa data dilakukan dengan membandingkan tes awal dan tes akhir. Sesuai dengan tujuan upaya meningatkan kemampuan membaca menulis dan menghitung bagi anak tunagrahita ringan maka diperoleh hasil sebagai berikut: untuk responden MZ latihan membaca nilai pre testnya 5 nilai post tesnya 8, jadi ada kemajuan 3 poin. Untuk latihan menulis nilai pre tesnya 5 dan nilai post tesnya 9, jadi ada kemajuan 4 poin. Untuk latihan menghitung nilai pre tesnya 5 dan hasil post tesnya sebesar 8 jadi ada kemajuan 3 poin. Untuk responden AG latihan membaca nilai pre tesnya 5 dan nilai post tesnya 9 jadi ada kemajuan 4 poin. Untuk latihan menulis nilai pre tesnya 5 dan nilai post tesnya 9, jadi ada kemajuan 4 poin. Untuk latihan menghitung nilai pre tesnya dan hasil post tesnya 8 jadi ada kemajuan 3 poin.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













