UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI WISMA PAULO 6 YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG

Penulis

  • Sri Wahyuni Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang
  • Florentina Muliati Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.286

Kata Kunci:

Tunagrahita ringan, Remedial Teaching, membaca, menulis, menghitung

Abstrak

Anak tunagrahita ringan adalah anak tunagrahita yang tidak mampu mengikuti  program sekolah biasa tetapi ia masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan melalui pendidikan khusus. Remedial Teaching adalah suatu layanan pendidikan atau suatu bentuk program pembelajaran yang dilaksanakan dengan perlakuan khusus yang diberikan guru pada siswa yang mengalami kesulitan dan hambatan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa tersebut mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah remedial teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca menulis dan menghitung bagi anak tunagrahita ringan di Wisma Paulo 6 Yayasan Bhakti Luhur Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek 2 orang anak tunagrahita ringan. Metode yang digunakan adalah observasi partisipan penuh. Sedangkan analisa data dilakukan dengan membandingkan tes awal dan tes akhir. Sesuai dengan tujuan upaya meningatkan kemampuan membaca menulis dan menghitung bagi anak tunagrahita ringan maka diperoleh hasil sebagai berikut: untuk responden MZ latihan membaca nilai pre testnya 5 nilai post tesnya 8, jadi ada kemajuan 3 poin. Untuk latihan menulis nilai pre tesnya 5 dan nilai post tesnya 9, jadi ada kemajuan 4 poin. Untuk latihan menghitung nilai pre tesnya 5 dan hasil post tesnya sebesar 8 jadi ada kemajuan 3 poin.  Untuk responden AG latihan membaca nilai pre tesnya 5 dan nilai post tesnya 9 jadi ada kemajuan 4 poin. Untuk latihan menulis nilai pre tesnya 5 dan nilai post tesnya 9, jadi ada kemajuan 4 poin. Untuk latihan menghitung nilai pre tesnya dan hasil post tesnya 8 jadi ada kemajuan 3 poin.

Biografi Penulis

Sri Wahyuni, Sekolah Tinggi Pastoral-Yayasan Institut Pastoral Indonesia Malang

Dosen Prodi Pelayanan Pastoral STP-IPI Malang, Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Wahyuni, S., & Muliati, F. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG MELALUI REMEDIAL TEACHING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI WISMA PAULO 6 YAYASAN BHAKTI LUHUR MALANG. Jurnal Pelayanan Pastoral, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.286