Efektivitas Media Dekak-Dekak Pada Operasi Penjumlahan 1-10 Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 1 SLB-YPAC Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v1i1.143Kata Kunci:
media dekak-dekak, operasi penjumlahan, tunagrahitaAbstrak
Peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita ringan memiliki keterbatasan intelektual, terutama dalam berpikir abstrak. Hal itu menjadi faktor penyebab utama rendahnya prestasi belajar khususnya bidang berhitung (matematika). Pemilihan media belajar yang sesuai dengan karakteristik tunagrahita ringan sangat penting untuk menjembatani unsur abstrak dan konkret sehingga mudah dipahami. Media dekak-dekak menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam operasi penjumlahan bagi tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektifitas penggunaan media dekak-dekak pada operasi penjumlahan 1-10 bagi siswa tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang memberikan batasan efektifitas berdasar kriteria ketuntatasn minimal (KKM) 75 poin nilai. Seorang siswa, guru kelas, dan seorang pengamat berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian mencatat nilai 50 poin pada pra siklus, nilai 70 poin pada siklus pertama, dan nilai 80 poin pada siklus kedua. Dengan demikian media dekak-dekak efektif untuk diterapkan pada pembelajaran operasi penjumlahan 1-10 bagi siswa tunagrahita ringan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













