A Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan pada Siswa Tunagrahita dengan Media Karbicus
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.435Kata Kunci:
carbicus media, mentally disabled, subtraction operationsAbstrak
Kesulitan yang dialami siswa tunagrahita dalam memahami pembelajaran operasi pengurangan diakibatkan oleh kapasitas belajar yang sangat terbatas terutama mengenai hal yang bersifat abstrak. Siswa membutuhkan media konkrit dan menarik sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami, maka ditawarkan Media Karbicus (kartu bilangan cuisenaire). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Media Karbicus terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi pengurangan 1-10 di kelas IV SLB YPAC KOTA MALANG. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Dalam penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Indikator untuk siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai 70 atau lebih, dan dinyatakan meningkat bila nilai post test siklus II lebih tinggi dari nilai post test siklus I. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa tunagrahita di kelas IV SLB YPAC KOTA MALANG dalam materi penjumlahan 1-10 dengan menggunakan Media Karbicus.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelayanan Pastoral
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi:mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Lisensi *Creative Commons
Ciptaan* disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional