A Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan pada Siswa Tunagrahita dengan Media Karbicus

Penulis

  • Neny Yuniarti Sekolah Luar Biasa YPAC, Malang, Indonesia
  • Yohanes Subasno Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan IPI Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.435

Kata Kunci:

carbicus media, mentally disabled, subtraction operations

Abstrak

Kesulitan yang dialami siswa tunagrahita dalam memahami pembelajaran operasi pengurangan diakibatkan oleh kapasitas belajar yang sangat terbatas terutama mengenai hal yang bersifat abstrak. Siswa membutuhkan media konkrit dan menarik sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami, maka ditawarkan Media Karbicus (kartu bilangan cuisenaire). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Media Karbicus terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi pengurangan 1-10 di kelas IV SLB YPAC KOTA MALANG. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Dalam penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Indikator untuk siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai 70 atau lebih, dan dinyatakan meningkat bila nilai post test siklus II lebih tinggi dari nilai post test siklus I. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa tunagrahita di kelas IV SLB YPAC KOTA MALANG dalam materi penjumlahan 1-10 dengan menggunakan Media Karbicus.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-28

Cara Mengutip

Yuniarti, N., & Subasno, Y. (2023). A Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan pada Siswa Tunagrahita dengan Media Karbicus . Jurnal Pelayanan Pastoral, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.435