A Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan pada Siswa Tunagrahita dengan Media Karbicus
DOI:
https://doi.org/10.53544/jpp.v4i2.435Kata Kunci:
carbicus media, mentally disabled, subtraction operationsAbstrak
Kesulitan yang dialami siswa tunagrahita dalam memahami pembelajaran operasi pengurangan diakibatkan oleh kapasitas belajar yang sangat terbatas terutama mengenai hal yang bersifat abstrak. Siswa membutuhkan media konkrit dan menarik sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami, maka ditawarkan Media Karbicus (kartu bilangan cuisenaire). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Media Karbicus terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi pengurangan 1-10 di kelas IV SLB YPAC KOTA MALANG. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Dalam penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Indikator untuk siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai 70 atau lebih, dan dinyatakan meningkat bila nilai post test siklus II lebih tinggi dari nilai post test siklus I. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa tunagrahita di kelas IV SLB YPAC KOTA MALANG dalam materi penjumlahan 1-10 dengan menggunakan Media Karbicus.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pelayanan Pastoral

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini, baik untuk tujuan komersial maupun non-komersial, dengan syarat mencantumkan pengakuan (atribusi) yang sesuai kepada penulis dan sumber aslinya.
Dengan menerbitkan naskahnya di JPP, penulis menyetujui bahwa:
- Artikel dapat digunakan kembali oleh pihak lain sesuai dengan ketentuan CC BY 4.0, dengan tetap mencantumkan atribusi yang benar.
- Penulis tetap memegang hak moral atas karya ilmiahnya.
- Jurnal Pelayanan Pastoral (JPP) tidak membatasi penyebaran artikel dalam repositori institusi, situs pribadi, atau media akademik lainnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan resmi lisensi: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/













